5 Cara Membersihkan Wajah yang Benar Agar Kulit Lebih Mulus

  Sabtu, 23 Mei 2020
Ilustrasi. (Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Kulit mulus bisa tercipta dengan cara membersihkan wajah yang benar.

Membersihkan wajah setelah beraktivitas menjadi rutinitas wajib yang dilakukan setiap hari untuk mendapatkan kulit wajah sehat dan segar.

Namun, apakah kamu sudah membersihkan wajahmu dengan cara yang benar? Pasalnya cara yang salah akan membuat kulit iritasi dan kering.

Dokter Eddy Karta, SpKK, spesialis Kulit, dalam acara Inovasi Micro Dense Foam Senka Perfect Whip di Jakarta, Selasa (18/2/2020), menuturkan cara membersihkan wajah yang benar ternyata berbeda untuk setiap jenis kulit. Namun untuk keseluruhan, tips ini bisa membantu.

1. Bersihkan Make-up

Pastikan bersihkan wajahmu dari segala kotoran dan sisa make-up dengan micellar water, cleansing oil, atau pembersih lainnya. Pastikan semua make-up terangkat sempurna. Untuk pagi, ketika bangun tidur, cara ini boleh kamu lewati.

Untuk membersihkan make-up mata yang membandel seperti maskara dan eye liner, kamu bisa memakai cairan remover khusus dengan berbahan dasar minyak.

2. Bersihkan dengan lembut

Cara membersihkan wajah selanjutnya dengan mencuci wajah dengan lembut. Ambil pencuci wajah dan campur dengan sedikit air hingga berbusa. Aplikasikan pada wajah mulai dari jidat, pipi, hidung, dan dagu.

3. Gerakan melingkar

Pijat lembut dengan gerakan melingkar untuk meratakan. Ingat, jangan gunakan tekanan terlalu keras untuk kulit wajah yang berkomedo dan jangan biarkan sabun terlalu lama berada di kulitmu. Bilas dengan air dingin untuk menutup pori-pori.

Selain menggunakan jari, kamu bisa memakai sponge atau waslap khusus untuk wajah. Setelah selesai mencuci wajah dengan sabun, basuhlah sisa sabun di wajah dengan usapan lembut untuk menghindari iritasi karena terlalu sering menggosok kulit wajah yang sensitif. Khusus untuk area mata, poles whip atau busa dengan jari manis dengan sentuhan lembut.

4. Keringkan wajah dengan handuk bersih

Cara membersihkan wajah selanjutnya dengan mengeringkan wajah. Wajah sudah bersih, bukan berarti bebas mengeringkan wajah dengan handuk seadanya.

5. Amati kandungan produk pencuci wajah

Untuk mendapatkan wajah bersih dan segar juga didukung dengan penggunaan produk pencuci wajah dengan kandungan yang tidak berbahaya. Konsultasikan kebutuhan wajah Anda dengan dokter kulit, itu juga tidak kalah penting.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan   Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar