Kim Jeffrey Sambut Positif 'New Normal' di Kompetisi Sepak Bola Dunia

  Jumat, 22 Mei 2020   Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Kim Kurniawan. (Ayobandung.com/Eneng Reni Nuraisyah Jamil)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Gelandang naturalisasi Persib Bandung, Kim Jeffrey Kurniawan, menyambut positif terkait kompetisi di daratan Eropa bisa kembali berdenyut. Diketahui, Bundesliga Jerman sudah mulai kembali bergulir.

Dengan protokol kesehatan yang ketat, kompetisi strata tertinggi sepak bola Jerman itu sukses digelar pada akhir pekan lalu. Sembilan laga Bundesliga sukses digelar tanpa penonton.

Usai semua kompetisi di Eropa ditangguhkan sekira 2 bulan, Bundesliga menjadi kompetisi pertama di Eropa yang berhasil melanjutkan sisa pertandingan di tengah pandemi Covid-19.

AYO BACA : Covid-19 Mewabah, Beckham Dilanda Kejenuhan selama Latihan di Rumah

Sedianya, upaya yang dilakukan Bundesliga ini termasuk dari penerapan 'New Normal' dalam kompetisi sepak bola. upaya ini sebagai langkah baru di masa krisis dari wabah Covid-19.

Meski begitu, Kim menyadari, ada perasaan berbeda ketika menyaksikan pertandingan Bundesliga yang digelar tanpa penonton. Melihat kondisi seperti ini, Kim menyadari, para pemain harus melakukan adaptasi baru selama berkompetisi. Namun, Kim tetap bersyukur lantaran bisa kembali menyaksikan tayangan sepak bola.

"Suasana baru Liga Jerman tentu agak aneh dan harus beradaptasi dengannya. Tapi senang akhirnya bisa melihat sepak bola lagi," kata Kim, Jumat (22/5/2020).

AYO BACA : Andai Covid-19 Telah Hilang, Ini Harapan Gelandang Muda Persib

Pesepak bola berdarah Jerman itu mengungkapkan, situasi di negara kelahirannya berangsur kondusif. Informasi tersebut didapatkan Kim dari sanak saudara yang tinggal di Jerman.

"Kondisi Jerman yang saya dapat dari keluarga ataupun media aman-aman sejauh ini, sudah jauh lebih baik dibanding kemarin-kemarin. Mereka benar-benar yakin Covid-19 telah under control," kata Kim.

Kim juga tak menampik, Jerman memang termasuk negara yang berhasil menangani pandemi Covid-19 dibandingkan dengan negara-negara lain di Eropa.

Hal ini tak lepas dari penerapan disiplin tinggi dari masyarakatnya saat menjalankan protokol kesehatan. Karenanya, hal itu berhasil membuat Pemerintah Jerman mengeluarkan lampu hijau agar Bundesliga kembali bergulirnya.

"Menurut saya dalam situasi seperti ini Jerman sudah melakukan cara terbaik dan respect kepada supporter juga. Yang pastinya ingin datang tapi demi kebaikan semua tetap di rumah dan tidak berkumpul di luar stadion pun," ujarnya.

AYO BACA : Geoffrey Castillion Samakan Bobotoh Persib dengan Suporter Ajax

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar