Mesti Tahu, Ini 5 Penyebab Mata Panda Terbentuk

  Jumat, 22 Mei 2020
Menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata atau mata panda. (shutterstock)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – ‘Mata panda’ bisa terbentuk oleh sejumlah hal. Seseorang yang memiliki mata panda terkadang tidak percaya diri karena merusak penampilan.

Seperti diketahui lingkaran hitam dan kendurnya kelopak mata atau mata panda terjadi saat stres atau mengalami gangguan tidur saat malam. Namun, masalahnya, waktu tidurmu sudah cukup dan kondisi matamu masih begitu-begitu saja.

Mengapa itu terjadi? Ternyata ada alasan lainnya, seperti dikutip laman Times of India, Selasa (3/12/2019) sebagai berikut.

1. Alergi

Alergi mata jadi penyebab lain mengapa mata terlihat lelah dan bengkak. Saat partikel kecil seperti serbuk sari atau bulu hewan bersentuhan dengan mata, tubuh kita menghasilkan bahan kimia yang disebut histamin, yang melebarkan pembuluh darah di bawah mata, meningkatkan aliran darah, dan menyebabkan peradangan.

2. Dehidrasi

Kekurangan air dalam tubuh bisa membuat kita terlihat lelah dan mengarah pada pembengkakan mata. Hal itu terjadi karena kulit di sekitar mata sangat sensitif dan saat dehidrasi terjadi bisa membuat mata nampak lelah. Gejala ini tetap akan terjadi meski sudah tidur 7 hingga 8 jam, jadi sering-seringlah mengonsumsi banyak cairan.

AYO BACA : Cara Alami Hilangkan Mata Panda dengan Tomat dan Kentang

3. Terlalu banyak makanan asin

Asupan garam berlebih bisa membuat retensi air dalam tubuh, khususnya di sekitar mata. Retensi cairan bisa meregangkan kulit super tipis di sekitar mata dan membuatnya terlihat lelah. Karena itu, kurangi asupan garam dan minum lebih banyak air untuk menghindari peradangan.

4. Mengonsumsi kafein berlebihan

Secangkir kopi di pagi hari memang sangat baik, tetapi jika punya kebiasaan minum 4 sampai 5 cangkir kopi dalam sehari akan membuat mata terlihat bengkak di pagi hari. Kelebihan asupan kafein membuat tubuh dehidrasi dan membuat wajah terlihat kusam dan lelah. Kurangi asupan kopi dan cobalah minum teh hijau, yang dikemas dengan antioksidan dan membantu menjaga kulit tetap sehat.

5. Mata kelelahan

Mata menyipit, berusaha keras melihat benda yang cukup jauh, dan merasa sulit membaca bisa membuat mata mudah tegang. Hal itu karena pembulih darah melebar lebih lama dan menyebabkan lingkaran hitam serta tampak bengkak.

Solusinya beristirahatlah dari layar komputer setiap 20 menit sekali, jangan lupa temui dokter mata untuk tahu apa sudah saatnya menggunakan kacamata.

AYO BACA : Anak Sulit Tidur hingga Timbul Mata Panda, Bagaimana Mengatasinya?

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan   Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar