Memijat Badan Saat Sakit Malah Memperlambat Kesembuhan?

  Jumat, 22 Mei 2020
[Ilustrasi] Memijat. (Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Saat sedang sakit, tubuh lebih baik tidak dipijat oleh diri sendiri. Untuk membuat tubuh lebih nyaman saat sedang sakit, dipijat bukanlah jawaban.

Menurut Maya Heinert, MD, ahli kesehatan gawat darurat pediatrik, memijat tubuh saat sakit malah memperlambat proses pemulihan normal pada tubuh.

Saat sakit, tubuh sedang melakukan segala cara untuk melawan penyakit tersebut. Sistem imun tubuh kita sangat kompleks dan melibatkan organ tubuh yang besar, sistem sirkulasi, dan sistem limfe.

AYO BACA : Menyebar Tradisi Cukur dan Pijat di Bandung ala Putra Garut

Dikutip dari Shape, pijatan pada tubuh memberikan tekanan, panas, dan gerakan yang mengganggu kemampuan tubuh untuk melawan infeksi dan memindahkan sisa buangan dari saluran limfe dan usus.

Ditambah lagi, memijat bisa jadi menyakitkan karena tubuh menjadi sensitif terhadap sentuhan saat sakit. Dan tengkurap dalam waktu lama bisa memperburuk jika ada yang sumbatan yang dirasakan (misal hidung tersumbat).

Pijat sangat tidak direkomendasikan pada orang-orang yang mengalami penyakit pernapasan, kata Dr Heinert.

AYO BACA : Keenakan, Pria Paruh Baya Bawa Kabur Tukang Pijat Hingga Hamil

Pijat saat sakit juga bisa menyebabkan inflamasi, terutama jika pemijat menggunakan teknik friksi untuk memecah jaringan yang saling menempel.

Selain itu, pijatan bisa menyebarkan patogen keluar dari kelenjar limfe dan juga meningkatkan risiko menularkan penyakit pada pemijat.

"Anda tidak akan tahu kapan Anda menularkan penyakit atau tidak, dan berada di tempat publik dan membiarkan orang lain menghirup udara yang sama dengan Anda berpotensi menularkan pada mereka," kata Dr Heinert.

Secara umum, pijat sangat berguna untuk mendorong sistem imun dan membantu keluar masuknya dalam kelenjar limfe. Namun, hindarilah memijat saat Anda sedang sakit atau merasa sakit.

AYO BACA : Manfaat Pijat untuk Kesehatan, Bisa Tingkatkan Kekebalan Tubuh?

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan   Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar