Tips Merawat Kulit Bayi saat Pandemi, dari Mandi hingga Berjemur

  Jumat, 22 Mei 2020
Bayi mandi. (Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Sejumlah cara bisa dilakukan untuk merawat kulit bayi saat pandemi Covid-19.

Perawatan kulit tidak hanya dibutuhkan oleh remaja dan orang dewasa. Menurut Dokter spesialis kulit dari Klinik Sakti Medika Tebet Dr Tina Wardhani, Sp. KK.,bayi dan anak-anak juga perlu mendapatkan perawatan kulit apalagi di tengah wabah virus corona Covid-19 seperti saat ini.

Tina Wardhani menyarankan agar bayi menggunakan sabun mandi dengan pelembap dan mandi menggunakan air dingin. Setelah mandi, bayi baiknya diberikan pelembap kulit.

"Setelah tiga menit (mandi) sebaiknya diberikan pelembap. Biasanya di daerah badan, dada, punggung, kita bisa berikan dengan bahan dasar lotion. Sementara untuk bagian tangan dan kaki yang sering terekspos pilihan kita dengan bahan krim," papar Tina dalam diskusi daring yang diselenggarakan NOROID, Selasa (12/5/2020).

Di sisi lain, bayi sangat membutuhkan sinar matahari atau berjemur. Maka dari itu, Tina menyarankan agar bayi dijemur dengan menggunakan pakaian atau baju dengan bahan yang menyerap keringat.

Waktu lama berjemur juga sebaiknya dilakukan secara bertahap mulai dari hanya 5 menit dan maksimal 15 menit.

"Cukup dua sampai tiga kali saja seminggu. Anak-anak kalau tiap hari dijemur juga akhirnya kulitnya merah-merah, membuat anak jadi rewel," kata Tina.

Selain kesehatan kulit, lingkungan perlu diperhatikan terutama kebersihan kamar anak. Tina mengatakan, kamar anak sebaiknya memiliki sirkulasi udara yang baik.

"Kebersihan kamarnya sangat dianjurkan, sirkulasi baik, gunakan kain hordeng yang ringan dan mudah dicuci, kasur, bantal, guling harus tetap bersih. Mainan disimpan dalam wadah dan dibersihkan," ucapnya.

Tina menyarankan, cara membersihkan mainan plastik sebaiknya direndam dengan air sabun selama beberpa menit. Kemudian dibilas dengan air bersih. "Pada anak-anak mencegah lebih baik daripada pengobatan," katanya.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan   Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar