Leher Hitam Tanda Seseorang Derita Diabetes?

  Jumat, 22 Mei 2020
[Ilustrasi] Leher belakang hitam bisa menjadi tanda seseorang menderita diabetes. (Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Diabetes ditandai dengan sejumlah tanda, salah satunya yang dipercayai adalah leher belakang hitam.

Diabetes menjadi salah satu penyakit penyebab kematian tertinggi di dunia. Jika tidak mendapat insulin, para penderita bisa mengalami kecacatan bahkan kematian.

AYO BACA : 5 Buah-buahan yang Perlu Diwaspadai Penderita Diabetes

Sebelum semakin parah, penting mengenal gejala atau tanda seseorang menderita diabetes. Termasuk tanda hitam di belakang leher, yang ternyata menandakan diabetes yang cukup parah.

"Itu tandanya (hitam di belakang leher) resistensi, kulitnya akan mengebal, itu namanya hyperpigmentasi nigricans jadi kalau tandanya tebal di pungguknya, berarti dia tandanya resistensi insulin, resistensi insulin akan berhubungan dengan diabetes," ujar Ketua Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (PERKENI) Jaya, Dr Em Yunir, Sp. PD-KEMD, dikutip dari Suara.com.

AYO BACA : 9 Penyebab Bau Air Kencing Menyengat, Tanda Diabetes?

Seseorang dengan tanda pungguk yang menghitam dipastikan 90% terjangkit diabetes, meski tanpa pengecekkan gula darah sekalipun.

"Pada anak-anak juga bisa, pokoknya kalau ada resistensi insulin 90% ketemu. Jadi kalau mau screening lihat aja pungguknya, jangan-jangan diabetes," ungkap Dr Em Yunir.

Hitam di pungguk yang dimaksud bukanlah hitam bentol-bentol atau terpisah, melainkan merata selayaknya kotoran kulit atau daki. Warna yang berubah karena pekatnya gula di bagian kulit, yang tidak bisa dibersihkan.

Disebutkan juga, hitam bukan hanya di leher, tapi semua bagian lipatan kulit lainnya di tubuh.

"Hitamnya kayak daki, kayak orang enggak mandi. Kaya daki cuma kalau digosok enggak bisa lepas, karena itu penebalan epidermis dimana pigmen hitamnya numpuk. Selain leher di lipatan-lipatan Itu ciri khas," tuturnya.

AYO BACA : 5 Tips Berpuasa Bagi Penderita Diabetes

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan   Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar