Covid-19 Mewabah, Beckham Dilanda Kejenuhan selama Latihan di Rumah

  Jumat, 22 Mei 2020   Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Pemain muda Persib Bandung, Beckham Putra Nugraha. (Ayobandung.com/Eneng Reni)

CICENDO, AYOBANDUNG.COM -- Sudah dua bulan lebih para pemain Persib dirumahkan. Segala aktivitas skuat Maung Bandung pun ditiadakan imbas Pandemi Covid-19.

Pemain muda Persib Bandung, Beckham Putra Nugraha tak menampik ada rasa jenuh yang amat melanda selama diam di rumah. Apalagi beraktivitas di tengah pandemi Corona pun kian membosankan lantaran swegala aktivitas masyarakat dibatasi.

Sebagai pesepak bola, Beckham mengakui, perubahan drastis amat terasa terutama dari program latihan. Maklum sebelum pandemi, skuat Maung Bandung bisa beraktivitas normal di lapangan, mulai dari enggelar latihan tim hingga kompetisi. 

Namun dengan adanya pandemi virus corona, program latihan di lapangan berubah menjadi latihan mandiri alias individual di rumah masing-masing. Meski begitu, Beckham sadar diri. 

Meski dilanda rasa jenuh, hal itu menjadi pengorbanan sekaligus langkah positif demi memutus mata rantai penularan virus. Beckham juga menyadari, kesehatan merupakan hal nomor satu dalam situasi saat ini.

"Ya pasti kalau jenuh mah, karena pemain bola kan harus keluar rumah biasanya. Mulai dari atihan atau datang ke jalan-jalan, tapi ya gimana lagi yang penting kesehatan nomor satu," kata Beckham.

Karenanya selama Ramadan tahun ini, pemain yang debut di usia 17 tahun itu memilih menghabiskan waktu dengan beragam aktivitas positif di rumah. Salah satunya melakukan latihan mandiri menjelang berbuka seraya ngabuburit. Apalagi selama latihan mandiri, dirinya ditemani sang kakak, Gian Zola yang yang juga merupakan gelandang Persib. 

“Di rumah saja dengan ngabuburit di rumah dikasih materi latihan dari pelatih juga jadi selama ini banyak di rumah,” katanya.

Sementara itu, demi menjaga sentuhan bola, pemain yang karib disapa Etam itu tak lupa menyisipkan menu latihan seperti jugling atau drible speed pendek. Hal ini untuk menghindari hilang Felling Ball yang kerap melanda pemain bila berhenti lama dari kegiatan sepak bola. Pasalnya, feeling ball jadi salah satu aspek penting menyangkut teknik individu seorang pesepak bola. 

"Ya kalau sentuhan bisa dilakukan juga di rumah dengan jugling dan speed-speed pendek. Yang penting jaga kesehatan dan kebugaran," katanya.

Kendati demikian, pemilik nomor punggung 7 di Persib itu tak menampik, tetapp ada perbedaan yang terasa saat menggeber latihan mandiri di rumah dengan latihan penuh secara tim di lapangan.

"Tapi pastinya berbeda karena situasi di lapangan dan di rumah beda. Di rumah kecil, kalau di lapangan bisa luas karena suasananya juga beda," ujarnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar