Ini 5 Tanda Anda Tidak Miliki Ikatan Emosional dengan Pasangan

  Jumat, 28 Februari 2020   Vina Elvira
Foto ilustrasi pasangan. (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Menjalani sebuah hubungan pastinya selalu tentang cinta, rasa hormat, dukungan, dan saling mengerti. Terlepas dari itu, ikatan secara emosional juga merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam sebuah hubungan.

Kedekatan emosional dibutuhkan untuk mengetahui seberapa jauh ikatan emosi antara Anda dan pasangan. 

Ada beberapa pasangan yang tidak saling percaya, atau enggan berbagi masalah dan kesulitan satu sama lain. Salah satu alasan di balik hal tersebut, bisa jadi karena tidak adanya ikatan emosional antara pasangan.

Tentu Anda tidak mau selamanya menjalani hubungan yang hambar seperti itu. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui seberapa jauh ikatan emosional yang telah Anda bangun bersama pasangan. 

Melansir dari Boldsky, Kamis (27/2/2020) berikut tanda-tanda bahwa hubungan Anda tidak memiliki ikatan emosional:

1. Enggan Berbagi Masalah

AYO BACA : Jangan Terburu-buru Memilih Pasangan, Ini Manfaatnya

Tidak adanya keterbukaan seperti ini merupakan salah satu tanda paling jelas bahwa Anda dan pasangan tidak memiliki ikatan emosional. Anda mungkin ragu berbagi masalah dengan pasangan karena Anda merasa pasangan tidak akan mengerti atau membantu Anda. 

Berbagi masalah satu sama lain adalah salah satu cara terbaik untuk membantu seseorang dalam memecahkan masalah dan tantangan hidup. Selain itu, hubungan yang Anda jalani juga akan lebih transparan tanpa perlu menutupi apapun. 

2. Sulit Percaya

Ketika tidak ada ikatan secara emosional, jelas bahwa Anda tidak akan mempercayai pasangan Anda. Anda mungkin merasa bahwa pasangan Anda tidak memperdulikan Anda, dan karena itu, tidak ada gunanya menaruh kepercayaan pada pasangan. 

Hal tersebut dapat menyebabkan kurangnya transparansi dalam hubungan. Meskipun untuk hal-hal tertentu, Anda dapat mempercayai pasangan dengan mudah, tapi ketika sampai pada keputusan penting, Anda mungkin memilih untuk tidak membicarakannya dengan pasangan.

Hal yang sama juga akan terjadi pada pasangan Anda. Dia mungkin enggan melibatkan Anda dalam sesuatu yang sangat penting dalam hidupnya. 

AYO BACA : 4 Tip Jaga Ikatan dalam Hubungan Jarak Jauh

3. Jarang Meminta dan Menerima Saran dari Satu Sama Lain

Meminta saran kepada pasangan dan mempertimbangkannya, menunjukkan bahwa Anda berdua tidak hanya terhubung secara emosional tetapi juga saling mengerti satu sama lain. 

Tetapi jika kalian jarang saling memberi nasihat, bisa jadi karena Anda tidak saling percaya, yang berarti Anda kurang memiliki ikatan emosional dalam hubungan. Karena Anda dan pasangan tidak membahas masalah dalam hubungan, Anda mungkin tidak akan mempertimbangkan saran satu sama lain.

4. Merasa Asing Terhadap Pasangan

Anda akan merasa terisolasi dan asing ketika Anda dan pasangan tidak saling berbagi emosi dan masalah. Selain itu, Anda juga mungkin akan merasa jauh dari pasangan, bahkan ketika kalian tinggal di lingkungan yang sama. Karena ini, Anda mungkin merasa bahwa pasangan tidak lagi mencintai Anda.

5. Sering Mengeluh Tentang Satu Sama Lain

Tentunya akan ada waktu ketika Anda tidak menyukai beberapa kebiasaan pasangan Anda. Tapi, jika Anda dan pasangan sering mengeluh tentang satu sama lain, dan kerap saling menyalahkan, maka ini merupakan tanda bahwa tidak ada ikatan emosional antara kalian berdua. 

Dalam hal ini, dari pada saling menyalahkan, Anda bisa duduk dan berbicara tentang bagaimana cara untuk mengatasi perbedaan.

AYO BACA : Beradu Argumen Ternyata Baik dalam Hubungan Percintaan, Berikut 3 Alasannya

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar