Bisa Naikkan Berat Badan, Berikut 4 Efek Samping Terlalu Banyak Makan Anggur

  Senin, 24 Februari 2020   Dadi Haryadi
Anggur. (pixabay.com)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Anggur merupakan buah yang sangat populer, baik di Indonesia maupun dunia. Buah berbentuk lingkaran ini, paling cocok dijadikan camilan, karena ukurannya yang kecil dan mudah dikonsumsi kapanpun dan dimanapun.

Namun, konsumsi anggur yang berlebihan dapat menyebabkan beberapa efek samping. Seperti sakit perut, diare, berat badan naik, hingga komplikasi selama kehamilan.

Anggur itu ukurannya kecil, dan Anda bisa saja menelan terlalu banyak anggur tanpa merasakan kekenyangan. Satu cangkir penuh anggur, mengandung lebih dari 60 kalori.

Sebagian besar efek buruk anggur itu berkaitan saat Anda mengonsumsinya secara berlebihan. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja efek samping dari makan anggur terlalu banyak.

Melansir dari Stylecraze.com, Senin (24/2/2020) berikut empat efek samping terlalu banyak makan anggur:

AYO BACA : 10 Manfaat Anggur Hitam untuk Kesehatan

1. Dapat Menyebabkan Sakit perut

Anggur mengandung asam salisilat. Beberapa penelitian menyoroti hal ini, yang ditandai dengan peradangan lokal pada saluran pencernaan, sakit perut, diare, dan kemnumg.

Anggur juga dapat menyebabkan masalah jika Anda memiliki iritasi pada usus besar. Mereka mengandung serat tidak larut yang bisa mengganggu saluran pencernaan.

2. Bisa Menambah Berat Badan

Terlalu banyak makan anggur dalam sekali duduk membuat kalori dalam tubuh bertambah dengan cepat.

AYO BACA : Ini Manfaat Ajaib Anggur untuk Kesehatan

Anggur memang memiliki kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan cookies dan granola bar. Tetapi makan terlalu banyak anggur dapat menyebabkan kenaikan berat badan dalam jangka panjang.

Anggur sangat cocok dijadikan salah satu camilan diet Anda, tetapi  tetap harus dalam porsi yang cukup.  

3. Bisa Sebabkan Alergi

Meskipun alergi anggur jarang terjadi, ini bisa menimbulkan masalah. Sebuah protein dalam anggur, ditemukan menyebabkan reaksi alergi parah pada individu.

4. Dapat Memperburuk Masalah Ginjal

Sebuah laporan oleh Institut Nasional Diabetes dan Penyakit Pencernaan dan Ginjal menunjukkan bahwa, individu dengan penyakit ginjal kronis dan diabetes membatasi asupan makanan tertentu, termasuk anggur.

Meskipun tidak ada penelitian yang secara langsung menghubungkan anggur dengan efek ginjal yang merugikan pada manusia, Anda perlu berhati-hati.

Jika Anda memiliki penyakit pada ginjal, harap jauhi anggur dan bicarakan dengan dokter Anda.

AYO BACA : Anggur Ternyata Bisa Bantu Pertajam Ingatan

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar