Sudjiwo Tedjo Usul Muazin di Bandung Diberi Gelar Doktor HC, Cak Imin Ikut Berkomentar

  Minggu, 16 Februari 2020
Sudjiwo Tedjo. ([email protected]_jancukers)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Budayawan Sudjiwo Tedjo mengusulkan sejumlah kampus di Indonesia memberikan gelar doktor kehormatan Honoris Causa (HC) kepada seorang muazin di Bandung, Jawa Barat. Usul tersebut lantas mendapat balasan dari Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.

Sudjiwo Tedjo menyentil sejumlah kampus yang dinilai terlalu mudah memberikan gelar kehormatan kepada tokoh tertentu, meski perannya tidak begitu kentara.

Menurut Sudjiwo, warga kecil yang memiliki kontribusi lebih di masyarakat, semestinya mendapat gelar tersebut. Pernyataan itu disampaikan melalui cuitan di akun jejaring Twitter pribadinya @sudjiwotedjo.

"Supaya terkesan adil, universiyas perlu juga memberi gelar Doctor Honoris Causa kepada pihak-pihak yang tidak berkuasa dan tidak berharta, tetapi berdedikasi tinggi pada suatu bidang kehidupan," tulisnya, seperti dikutip Suara.com, Minggu (16/2/2020).

Usulan tersebut semata-mata dilayangkan untuk menunjukkan sikap adil kepada khalayak.

"Ndak papa andai ini ndak nguntungin apa-apa bagi Sivitas Akademika, yang penting ada kesan adil," imbuhnya.

Lebih lanjut, ia lantas membeberkan, tokoh yang layak mendapat gelar HC versinya. Tak lain tokoh yang dimaksud adalah seorang muazin sepuh di Bandung.

"Saya mengusulkan gelar Doktor Honoris Cuasa kepada muazin masjid kecil di Rancakendal, Bandung.. yang udah puluhan tahun azan Subuh.. (dari suaranya keknya beliau udah sepuh).. Doktor HC bidang humaniora," tulisnya.

Di akhir cuitan, Sudjiwo kemudian menawarkan usulan tersebut kepada sejumlah kampus besar di Indonesia. "Gimana UGM, UNAIR, ITB dll?" tanyanya.

Saran itu sontak menuai perhatian warga Twitter. Tak sedikit dari mereka yang memberikan komentar untuk cuitan tersebut.

Tampak satu diantaranya yakni Cak Imin yang memberikan komentar singkat dalam bahassa Jawa untuk cuitan Sudjiwo Tedjo.

"Asemmm...ayok melok aku c**," balas Cak Imin.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan   Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar