Cara Bedakan Psikopat dan Sosiopat, Licik hingga Berdarah Dingin

  Selasa, 28 Januari 2020   M. Naufal Hafizh
[Ilustrasi] psikopat dan sosiopat memiliki ciri tersendiri. (

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Psikopat adalah gangguan yang membuat seseorang tidak memiliki hati nurani dan empati kepada orang lain. Salah satu ciri-ciri psikopat yakni tidak pernah memiliki rasa bersalah dan penyesalan ketika ketahuan membuat kesalahan.

Namun, beberapa orang mungkin sering keliru membedakan antara psikopat dan sosiopat. Hal itu karena dua hal ini sama-sama istilah psikologi yang digunakan untuk mendeskripsikan gangguan mental umum.

AYO BACA : Psikolog: Pemicu Perilaku Psikopat Bisa Dilacak dari Masa Lalunya

Padahal ada perbedaan antara psikopat dan sosiopat. Menurut L Michael Tompkins, EdD., seorang psikolog di Sacramento County Mental Health Treatment Center, dilansir dari himedik.com, psikopat cenderung tidak memiliki kerangka berpikir untuk mengembangkan nilai etika dan moral.

Hal ini terjadi akibat ketidakseimbangan genetik dan reaksi senyawa kimiawi dalam otak. Bahkan, otak orang psikopat memiliki susunan berbeda yang membuat orang awam sulit mendeteksinya.

AYO BACA : 8 Tanda Kamu Seorang Psikopat

Orang psikopat biasanya melakukan kejahatan dengan darah dingin. Mereka memiliki naluri predator dan menyerang secara proaktif, bukan sebagai reaksi terhadap konfrontasi.

Sementara itu, sosiopat timbul akibat cacat otak bawaan layaknya orang psikopat. Namun, pola asuh orang tua juga memiliki peran lebih dalam mengembangkan gangguan mental ini.

Orang sosiopat biasanya licik dan manipulatif. Biasanya mereka juga pembohong patologis, terlepas dari sosoknya yang tulus. Orang dengan gangguan mental ini cenderung memilih tinggal di dalam rumah dan mengasingkan diri dari lingkungan.

Bedanya dengan psikopat, orang sosiopat melakukan kejahatan kasar maupun tidak itu terjadi atas dasar paksaan. Mereka adalah orang tidak sabar, sangat impulsif dan lebih mudah menyerah.

AYO BACA : Diduga Psikopat, Bagaimana Kenali Orang Seperti Reynhard Sinaga?

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar