Pembantu Gasak Perhiasan Majikan Rp80 juta

  Selasa, 14 Januari 2020   Faqih Rohman Syafei
Kapolsek Sukasari, Kompol Yuni Purwanti bersama MS (21) seorang pembantu rumah tangga yang diduga mencuri perhiasan majikannya senilai Rp80 juta. (Ayobandung.com/Faqih Rohman Syafei)

SUKASARI, AYOBANDUNG.COM--MS (21) seorang pembantu rumah tangga terpaksa harus meringkuk di balik jeruji penjara. Pasalnya, dia telah mencuri emas milik majikannya senilai Rp80 juta. 

Aksi nekadnya ini, diakukan MS lantaran takut sang anak dijadikan untuk jadi tumbal. Sebelum melancarkan aksinya, pelaku didatangi dua orang yang menyebutkan anak MS di kampung sedang sakit karena di guna-guna.

"Kedua orang ini datang ke rumah majikan MS di Jalan Setramurni, Kota Bandung. Menangkal sakit anaknya, kedua orang itu minta mahar ke pelaku," ujar Kapolsek Sukasari, Kompol Yuni Purwanti, Selasa (14/1/2020).

Untuk menyanggupi mahar tersebut, MS terpaksa mencuri perhiasan milik majikannya yang bernilai puluhan juta. Bahkan terungkap juga, pelaku bukan hanya sekali melakukan aksi pencurian di rumah majikannya.

"Karena gelap mata, pelaku dengan nekat mengambil perhiasan milik majikannya dengan total nilai perhiasannya Rp80 juta," kata Yuni.

"Pelaku sudah tiga tahun kerja dengan majikannya. Pemilik rumah mengakui sering kehilangan sejumlah uang dan barang. Namun tidak sebesar aksi saat ini," ungkapnya.

Yuni mengatakan pelaku ditangka ketika akan kabur dari rumah majikannya. Pelaku tertangkap saat akan memberikan tas yang berisi perhiasan kepada dua orang tersebut.

Sambungnya, saat ini pihaknya tengah melakukan pendalaman terkait keterangan pelaku. Di duga, pelaku dan dua orang tersebut masih satu komplotan.

"Kami tengah mengembangkan kasus ini, dua orang tersebut tengah dalam pengejaran," katanya.

Atas perbuatannya, pelaku di jerat dengan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dan pemberatan. Pelaku diancam kurungan penjara minimal lima tahun.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar