Disdukcapil Cianjur Persempit Ruang Gerak Calo

  Selasa, 14 Januari 2020   Muhammad Ikhsan
Warga mengantre untuk mengurus administrasi kependudukan di Disdukcapil Cianjur. (Ayobandung.com/Muhammad Ikhsan)

CIANJUR, AYOBANDUNG.COM -- Sesudah penangkapan 10 calo KTP, KK dan akte kelahiran, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur memperketat proses pengurusan demi mempersempit ruang gerak calo yang saat ini masih tersisa.

Disdukcapil Cianjur hanya membatasi kuota KTP hanya 250 untuk percetakan KTP,  prosesnya juga dipersempit, biasanya loket dibuka mulai 06.30 Wib, kini 07.30 Wib dengan catatan orang bersangkutan yang bisa masuk ke ruangan tunggu.

"Semuanya harus dilakukan sendiri, ehingga para calo tidak memiliki kesempatan untuk ikut mengambil nomor antrian. Yang masuk juga dibatasi, sehingga mereka tidak bisa masuk seenaknya," kata Plt Kepala Disdukcapil Kabupaten Cianjur, Popon Ajizah pada Ayobandung.com, Selasa (14/1/2020).

AYO BACA : Bupati Cianjur Siap Pecat Oknum Pegawai Disdukcapil Terlibat Percaloan

Popon mengungkapkan, mulai hari ini (Selasa, 14/1/2020) Disdukcapil memberikan layanan pencetakan e-KTP dengan kuota 250 keping per harinya. Karena, pekan lalu Disdukcapil mendapatkan distribusi blanko dari Pemerintah Pusat sebanyak 10 ribu keping, dari yang biasanya hanya ratusan hingga 4.000 keping dalam sekali pengajuan distribusi blanko.

Melimpahnya kuota per hari, upaya memperketat proses pencetakan diharapkan tidak ada celah bagi calo untuk memanfaatkan penambahan kuota tersebut.

"Kami pasang spanduk terkait imbauan tersebut. Kami tegaskan untuk tidak melalui calo," katanya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar