Bukan King Kobra, Ini Jenis Ular yang Resahkan Warga Bojonggede Bogor

  Jumat, 13 Desember 2019   Husnul Khatimah
Anak Ular Kobra Jawa yang ditemukan di Bojonggede, Kabupaten Bogor. (Ayobogor.com/Husnul Khatimah)

BOGOR, AYOBANDUNG.COM -- Sebanyak 34 ekor anak ular kobra ditangkap oleh warga dan relawan di Perumahan Royal Citayam Residence, Kecamatan Bojonggede,  Kabupaten Bogor.

Ketua Komunitas Reptil Action, Rizky Maulana mengatakan ular yang ditemukan di perumahan ini merupakan jenis ular kobra jawa. 

"Jenisnya dipastikan jenis kobra jawa," ujar Rizky, Kamis (12/12/2091).

Dia mengatakan kobra jawa memiliki ciri berwarna hitam pada sisi bagian atas dan abu-abu pada sisi bagian bawah. 

"Di kita ada dua jenis kobra,  king sama kobra jawa. Kobra jawa warnanya hitam di bawahnya abu-abu, ukurannya lebih kecil dari king kobra," kata Rizky. 

Kobra jawa memiliki bisa yang dapat dikeluarkan dengan cara disemburkan dengan jangkauan sekira 3 meter.

"King kobra tidak bisa menyemburkan bisanya, kobra jawa bisa, tapi kalau soal bisa ularnya lebih bahaya bisa ular kobra dibanding kobra jawa," kata Rizky. 

Dia mengatakan, jika menemukan anak ular kobra di rumah ada bebeberapa hal yang bisa dilakukan. Pertama menurut Rizki jangan panik saat pertama kali bertemu ular. 

"Untuk penanganan dalam rumah warga jangan panik dulu karena kalau kita sudah panik hal apapun yang kita lakukan akan salah," katanya. 

Dia menambahkan bahwa kebanyakan orang biasanya akan panik ketemu kobra karena ular akan menunjukan posisi berdiri seolah-olah akan mematuk.

"Sebenarnya bukan akan mematuk tapi dia defend. Jadi jangan panik, diam dulu, kalau ada sapu baru geser (usir) dia keluar dan jangan pakai tangan karena risikonya terlalu tinggi," katanya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar