BPBD Waspadai Bencana di Wilayah Selatan

  Kamis, 12 Desember 2019   Mildan Abdalloh
Ilustrasi musim hujan. (pixabay.com)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung mewaspadai terjadinya bencana di wilayah selatan.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Bandung Achmad Djohara mengatakan wilayah selatan mempunyai kerawanan cukup tinggi terjadi bencana saat musim hujan.

AYO BACA : Hadapi Musim Hujan, BPBD Kabupaten Bandung Lakukan Koordinasi

Berdasarkan hasil kajian Tim Kaji Cepat BPBD Kabupaten Bandung wilayah selatan mempunyai potensi tinggi terjadi bencana terutama angin kencang, longsor dan banjir bandang.

Achmad mengatakan, masyarakat Kabupaten Bandung, terutama yang bermukim di wilayah selatan, seperti di Pangalengan, Kertasari, Ibun, Pacet, Pasirjambu, Ciwidey, dan Rancabali, untuk mewaspadai segala potensi ancamana bencana tersebut. Ia meminta masyarakat yang mengetahui atau merasa akan adanya potensi ancaman bencana untuk segera melapor. 

AYO BACA : BPBD Kabupaten Bandung Minta Warga Waspadai Hujan

"Bisa langsung melapor ke Pusdalops BPBD Kabupaten Bandung di nomor (022) 85872591 atau langsung ke aparat kewilayahan setempat. Baik camat atau kepala desa," tutur Achmad, Kamis (12/12/2019).

Kewaspadaan masyarakat harus ditingkatkan dalam beberapa bulan kedepan. Dijelaskan Achmad, berdasarkan laporan BMKG puncak musim penghujan akan terjadi mulai dari akhir Desember 2019 hingga Maret 2020. 

"Perlu juga diketahui, bahwa April dan Mei 2020 juga harus diwaspadai. Karena itu juga merupakan bulan pergantian musim. Dimana cuaca ekstrim akan terjadi juga," ujarnya.

Selain masyarakat, aparat kewilayahan juga diminta untuk selalu waspada dan segera berkoodinasi apabila terjadi bencana, supaya pihaknya bisa langsung melakukan penanganan.

AYO BACA : BPBD Kabupaten Bandung Bentuk Desa Tangguh Bencana

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar