Nadiem Makarim Terpopuler di Google 2019, Bukan Presiden Jokowi

  Rabu, 11 Desember 2019
Mendikbud Nadiem Makarim. (suara.com)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim menjadi tokoh yang paling banyak dicari dalam mesin pencari Google di Indonesia pada 2019 dan uniknya nama Presiden Joko Widodo atau Jokowi justru tak ada dalam daftar tahunan Google tersebut.

Head of Marketing Google Indonesia, Philippines & SEA, Veronica Utami mengatakan bahwa pencarian populer di 2019 merefleksikan harapan baru kepada tokoh-tokoh dari pengguna internet di Tanah Air.

AYO BACA : Cerita Nadiem Makarim Dipuji Ibunda Setelah Jadi Menteri

"Apa yang bisa kita lihat dari trending 2019, di tahun ini menandakan sebuah perubahan dan harapan bagi Indonesia," kata Veronica dalam acara Google Year in Search 2019 di Jakarta, Rabu (11/12/2019).

Absennya Jokowi dalam daftar pencarian terpopuler Google Indonesia pada 2019 cukup mengejutkan karena setidaknya dua faktor.

AYO BACA : Akun-akun Palsu Nadiem Makarim Bermunculan di Instagram dan Twitter

Pertama, Jokowi pada tahun ini banyak menjadi pembicaraan dan diberitakan karena bersaing ketat melawan Prabowo Subianto dalam Pemilihan Presiden 2019.

Kedua, nama Jokowi hampir selalu masuk dalam daftar pencarian terpopuler Google sejak 2012. Nama Jokowi cuma absen dalam daftar tokoh paling populer Google Indonesia pada 2015 dan 2016.

Nadiem sendiri boleh disebut salah satu orang muda paling sukses di Indonesia. Setelah sukses membawa Gojek menjadi startup Indonesia pertama yang masuk ke jajaran decacorn, ia diajak Jokowi masuk ke kabinet sebagai Mendikbud.

Berikut daftar tokoh paling populer dalam Google 2019 di Indonesia:

1. Nadiem Makarim
2. BTS
3. Edhy Prabowo
4. BLACKPINK
5. Wishnutama
6. Thareq Kemal Habibie
7. Reino Barrack
8. Syahrini
9. Sandiaga Uno
10. Wiranto.

AYO BACA : Isi Pidato Hari Guru Nadiem Makarim Ajak Guru Lakukan Perubahan

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan   Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar