Timnas Indonesia Selangkah Lagi Raih Emas dan Catat Sejarah di SEA Games

  Selasa, 10 Desember 2019
Pemain Timnas Indonesia U-22 berfoto sebelum laga melawan Timnas U-22 Thailand dalam penyisihan Grup B SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Selasa (26/11/2019). (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

MANILA, AYOBANDUNG.COM -- Timnas Indonesia U-22 akan menghadapi Vietnam pada laga final SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Selasa (10/12/2019). Partai ini merupakan penentuan siapa yang layak merebut medali emas.

Sebagaimana diketahui, kedua tim sama-sama sudah puasa tidak mendapat medali emas dari cabang olahraga (cabor) sepak bola sejak lama.

Indonesia sudah 28 tahun atau terakhir kali mendapat medali tersebut pada 1991 silam. Uniknya saat itu SEA Games juga berlangsung di Filipina.

Oleh karenanya, ini menjadi kesempatan yang sangat bagus untuk menang di tempat yang bersejarah ini. Jika melihat ke belakang, perjalanan Pasukan Merah Putih road to final cukup mulus.

Dari lima laga di babak penyisihan grup dan satu di semifinal, Garuda Muda --julukan timnas Indonesia U-22-- hanya sekali menelan kekalahan. Satu-satunya kekalahan Indonesia didapat saat berhadapan dengan Vietnam yang berkedudukan 1-2.

Total, Indonesia telah menciptakan 21 gol dan empat kemasukan. Selain itu, penggawa timnas Indonesia U-22 Osvaldo Haay berpeluang menjadi top skorer di ajang ini setelah mencetak delapan gol.

AYO BACA : Klasemen Medali SEA Games 2019: Indonesia Melorot ke Posisi 4

Pelatih timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri mengatakan kondisi anak asuhannya sedang dalam motivasi tinggi. Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan siap memberikan yang terbaik di laga ini.

"Semua pemain siap. Tak ada yang tidak fit. Kami sudah siap untuk pertandingan ini," kata Indra Sjafri.

Mengingat tidak adanya pemain yang absen, Indra dipastikan bakal menurunkan skuat terbaiknya. Ini dikarenakan Vietnam tidak bisa dianggap remeh.

Sementara di kubu Vietnam, mereka juga rindu medali emas. Bahkan, Vietnam lebih lama ketimbang Indonesia tidak mendapat gelar tersebut.

Terakhir, Vietnam memperoleh medali emas yaitu pada tahun 1959. Atau 29 terakhir edisi SEA Games 2019.

Pelatih kepala Timnas Vietnam u-22, Park Hang-seo merasa bertanggung jawab untuk membawa skuatnya meraih medali emas.

AYO BACA : Hadapi Vietnam di Final, Timnas U-22 Minta Dukungan dan Doa

"Kami selangkah lagi menjadi juara. Dengan banyaknya dukungan dan cinta dari rakyat Vietnam, saya dan tim merasa bertanggung jawab untuk memberikan gelar juara SEA Games ini bagi mereka," ucap Park Hang-seo.

Oleh sebab itu, Vietnam tidak akan main-main melakoni laga final ini, Pasukan Merah Putih harus tetap waspada.

Prakiraan Susunan Pemain:

Timnas Indonesia U-22 (4-3-3): Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Bagas Adi, Andy Setyo, Firza Andika; Evan Dimas, Zulfiandi, Sani Rizki; Egy Maulana Vikri, Saddil Ramdani, Osvaldo Haay

Pelatih: Indra Sjafri

Timnas Vietnam U-22 (4-4-2): Bui Tien Dung; Do Thanh Thinh, Ho Tan Tai, Nguyen Thanh Chung, Huynh Tan Sinh; Le Ngoc Bao, Trieu Viet Hung, Truong Van Thai Quy, Do Hung Dung; Nguyen Thien Linh, Ha Duc Chinh

Pelatih: Park Hang-seo

AYO BACA : Final Sepak Bola SEA Games, Indra Sjafri: Kami Siap Berjuang

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan   Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar