Truk Beras ATC Bantu Warga Pelosok Bandung Barat

  Kamis, 21 November 2019   Tri Junari
Sejumlah warga menerima bantuan dari Aksi Cepat Tanggap (ACT) bersama Komando Distrik Militer (Kodim) 0609 Kabupaten Bandung. (Ayobandung.com/Tri Junari)

SINDANGKERTA, AYOBANDUNG.COM--Lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) bersama Komando Distrik Militer (Kodim) 0609 Kabupaten Bandung memberi bantuan pangan kepada warga pelosok Kabupaten Bandung Barat (KBB), Kamis (21/11/2019).

ATC mengirim truk berkapasitas 10 ton beras, truk makanan siap saji dan mobil bantuan air bagi warga lima kampung terdampak kekeringan lahan pertanian dan gizi buruk di Desa Sindangkerta, Kecamatan Sindangkerta. 

Ketua Dewan Pembina ACT, Ahyudin mengatakan, bantuan diberikan sekaligus peluncuran dan pelepasan program kemanusiaan Jelajah Humanity Rice Truck di Jawa Barat.

Kegiatan ini bukan untuk mencari sensasi melainkan berupaya menginspirasi seluas-luasnya elemen bangsa. Selama kemarau panjang ini banyak masyarakat yang mengalami kelangkaan pangan berbarengan dengan krisis ekonomi dalam skala nasional.

AYO BACA : ACT Masifkan Bantuan untuk Palestina Pascaeskalasi Serangan Israel

"Kami ingin memberi inspirasi untuk tolong-menolong bukan untuk gagah-gagahan tapi ingin menunjukkan bahwa bangsa ini hebat. Bangsa ini hebat dengan gotong royong, dengan bantu-membantu, tidak boleh yang lapang tidak membantu mereka yang sempit," ucapnya usai kegiatan kemanusiaan di Kampung Gunung Sanggar, Sindangkerta.

Dipaparkan Ahyudin, sudah tujuh bulan lamanya, masyarakat Sindangkerta baik yang berada di Kampung Gunung Sanggar, Muara Ramai, Pesinggirang, Pesinghilir, maupun Tarajamukti, areal pesawahannya tidak lagi produktif akibat dilanda kemarau panjang.

Bahkan, lanjut dia, pihaknya sangat terdorong memberikan bantuan untuk masyarakat Sindangkerta yang menjadi desa dengan masalah gizi buruk akut tertinggi di Jawa Barat.

"Desa ini memprihatinkan, ada 100 anak mengalami gizi buruk akut tertinggi di Jawa Barat makanya kita pilih disini," ungkapnya.

AYO BACA : ACT Ajak Berbagi Kebaikan di Hari Bahagia Nasional 11.11

Menurut dia, beras bagi masyarakat ekonomi lemah lebih penting ketimbang bentuk bantuan lainnya. Sebab, beras menjadi sumber kehidupan bagi masyarakat selain menjadi makanan pokok sehari-hari.

"Masyarakat miskin mohon maaf, gak butuh mobil, gak butuh pesawat, tapi butuh beras sebagai pangan utama karena beras itu kehidupan," katanya.

Kendati demikian, tambah dia, tidak hanya beras yang diberikan untuk masyarakat pasalnya, tim ACT pun membawa Humanity Water Truck dengan kapasitas 20 ribu liter air bersih, Free Hospital Ambulance untuk layanan kesehatan gratis, serta Food Truck yang menyediakan ribuan makanan gratis untuk masyarakat.

"Kita juga membagikan 20 ribu liter air bersih, membawa food truck yang menyediakan 10 ribu porsi makanan, serta memberikan layanan kesehatan gratis untuk masyarakat disini," terangnya.

Komandan Kodim 0609/Kabupaten Bandung, Letkol Ard. Teguh Waluyo mengungkapkan, kegiatan kemanusiaan yang dilakukan ACT sangat bermanfaat dan menggugah semua elemen masyarakat maupun komponen bangsa untuk lebih dermawan dalam menyisihkan sebagian harta bagi kelangsungan kehidupan masyarakat yang membutuhkan.

"Kami respon baik bantuan dari ACT yang dengan luar biasa sudah meluncurkan Humanity Rice Truck, membagikan beras, kemudian layanan air bersih serta makanan gratis bagi masyarakat Desa Sindangkerta yang menjadi pembinaan teritorial Kodim 0609," katanya. 

AYO BACA : ACT dan GIB Salurkan 1 Ton Beras di Ponpes Kulonprogo

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar