'Mpok Narkoci' Ajak Ibu Hamil Stok Darah Sebelum Bersalin

  Jumat, 15 November 2019   Tri Junari
Kepala Instalasi UTD RSUD Cibabat, dr. Tri Sumartina. (Ayobandung.com/Tri Junari)

CIMAHI, AYOBANDUNG.COM--Unit Transfusi Darah (UTD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cibabat, Kota Cimahi memiliki inovasi program untuk menekan angka kematian ibu dan anak pada proses persalinan.

Program diberi nama 'Mpok Narkoci', ibu hamil diajak untuk mempunyai pendonor darah tetap sehingga stok darah sudah ada jauh sebelum masa persalinan.

AYO BACA : Ini yang Terjadi Jika Ibu Hamil Stres

Kepala Instalasi UTD RSUD Cibabat, dr. Tri Sumartina mengatakan, Mpok Narkoci itu berawal dari intruksi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) agar ibu hamil mendapat pembinaan sejak di Puskesmas.

Dengan program ini ibu hamil menyiapkan pendonor tetap, sejak usia kandungan awal tiap dua bulan sekali pendonor tetap rutin diambil darah untuk digunakan saat persalinan.

AYO BACA : Deteksi Dini Preeklamsia Dapat Dilakukan di Usia 11 Pekan Kehamilan

"Ini inovasi dan modifikasi antara program pemerintah untuk menekan angka kematian ibu," ujar Tina, Jumat (15/11/2019).

Menurutnya, program ini menambah stok labu darah yang dimiliki RSUD Cibabat, total tiap bulan UTD RSUD Cibabat memiliki stok darah mencapai 970-1.000 kantung darah.

"Total sekitar 970 sampai 1.000-an perbulannya. Kebutuhan darah internal untuk semua kasus itu rata-rata di 700 sampai 800. Kelebihannya kadang kita tawarkan ke rumah sakit sekitar yang perlu darah," jelasnya.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama RSUD Cibabat, Reri Marlia memastikan bahwa semua tranfusi darah yang dikelola Instalasi UTD RSUD Cibabat bebas dari penularan virus HIV. Sebab, proses proses donor darah sudah melalui proses skrining menggunakan reagen untuk mendeteksi virus HIV, Hepatitis B (HBV) dan Hepatitis C (HCV).

"Dipastikan aman. Dari awal udah skrining, jadi betul-betul si darah itu steril," kata Reri.

AYO BACA : Ibu Hamil Depresi-Cemas, Anak Berpotensi Alami Gangguan Kejiwaan?

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar