Kampanye Pilkades KBB Digelar 3 Hari

  Rabu, 13 November 2019   Tri Junari
Ilustrasi Pilkades. (Dok Ayobandung.com)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM--Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bandung Barat (KBB) menetapkan waktu masa kampanye untuk Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) selama tiga hari yakni 18 hingga 20 November 2019. 

Pelaksanaan pencoblosan Pilkades tersebut akan digelar pada 24 November 2019. Aturannya tertuang dalam Peraturan Bupati Nomor 35/2019 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa.

Kepala Bidang Penataan Pengelolaan Keuangan dan Aset Desa, DPMD KBB, Rambey Solihin mengatakan, pengawasan sendiri dilakukan berbagai pihak dan menjabat sebagai ketua pengawas Camat.

AYO BACA : Minat Jadi Kades di Bandung Barat Tinggi

"Disampingnya ada Danramil, Kapolsek, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan unsur staf kecamatan," ujarnya saat ditemui di Kompleks Perkantoran Pemkab Bandung Barat, Rabu (13/11/2019).

Struktur pengawas tersebut diadakan agar selama pelaksanaan masa kampanye semua calon tidak melanggar aturan yang ditetapkan.

"Itu memang harus kita lakukan karena aturannya sudah diatur dalam perbup, makanya pengawasan saat masa kampanye harus dilakukan," kata Rambey.

AYO BACA : 112 Desa KBB Pilih Kades, Intelejen Polres Cimahi Turun Tangan

Selain itu, lanjut Rambey, adanya struktur pengawas tersebut untuk menyempurnakan pelaksanaan pilkades yang sudah dilaksanakan pada tahun-tahun sebelumnya yang memang masih ada kekurangan.

"Di dalam perbup ada beberapa hal yang sudah kita perbaiki, seperti adanya masalah pemilihan ulang, jumlah suara yang sama dan anggaran yang tersedia harus benar-benar dimanfaatkan," ucapnya.

Tak hanya itu, semua mekanismenya sudah disusun secara administratif, sehingga pihaknya berharap tidak ada peraturan yang dilanggar oleh semua pihaknya yang terlibat dalam pilkades.

Untuk saat ini, kata Rambey, tahapan pilkades ini sudah memasuki tahap pengundian nomor urut calon dan ditargetkan selesai dalam waktu dua hari kedepan.

"Setelah pengundian nomor urut calon, panitia harus meminta foto para calon yang akan dipajang pada surat suara. Jangan sampai setelah fotonya dicetak ada yang komplain," ucapnya.

AYO BACA : Pilkades Serentak di KBB, Pemkab Alokasikan Anggaran Rp20 Miliar

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar