Rakyat Kesusahan, Raja Swaziland Justru Beli Ratusan Mobil Mewah

  Rabu, 13 November 2019   Suara.com
Raja Swaziland dengan salah satu istrinya. (Instagram/@eswatini_royalty)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Membeli satu atau dua unit mobil untuk istri tercinta adalah hal yang wajar. Namun, bagaimana jika membelikan ratusan mobil mewah untuk 14 istri? Hal ini benar-benar terjadi di Swaziland, Afrika Selatan.

Raja Swaziland yang bernama Raja Mswati III baru-baru ini memborong 19 Rolls-Royce dan 120 unit BMW ke negaranya dan dibagikan pada seluruh anggota keluarganya. Melansir The Sun, biaya yang dihabiskan untuk mendatangkan ratusan unit mobil mewah impor itu mencapai Rp 183 miliar.

AYO BACA : Ribuan Babi Tiba-tiba Mati, Terindikasi Flu Babi Afrika

Hal ini bertolak belakang dengan kondisi ekonomi negaranya yang belum sejahtera. Penghasilan rata-rata penduduk Swaziland hanya menyentuh angka Rp 1,9 juta per bulannya.

Tentu saja langkah Raja Mswati III ini menuai kritik. Salah satu yang berani bicara lantang adalah politisi oposisi Wandile Dludlu. Ia berkata Raja Mswati III adalah sosok raja yang sombong.

AYO BACA : Bom Ditemukan di Lokasi Syuting Film Terbaru Angelina Jolie

"Ini adalah tampilan yang arogan dan mengabaikan perasaan orang-orang miskin di Swaziland," kata Wandile.

"Dia terus memanjakan istri dan keluarganya, sama sekali tidak menyadarinya bahwa ada banyak masalah yang menimpa orang-orang di sekitarnya," lanjutnya.

Masuk akal jika warga Swaziland mengkritik raja mereka. Pasalnya, gaya hidup sang raja tak mencerminkan pemimpin yang bijaksana. Ia menikah belasan kali dan hingga kini, belum ada yang yakin berapa jumlah istrinya.

Meski ramai disebutkan istrinya berjumlah 14, nyatanya Raja Swaziland tak pernah memberi tahu secara resmi berapa jumlah aslinya. Warganya tak boleh membicarakan hal ini dan media di Swaziland tidak pernah memberitakan kabar soal raja tanpa seizin yang bersangkutan.

Sementara itu melansir Forbes, Raja Mswati III dari Swaziland termasuk salah satu anggota kerajaan terkaya dengan total kekayaan mencapai Rp 2,5 triliun.

AYO BACA : Berkunjung ke Afrika, Meghan Markle Pakai Gaun Rp120 Ribuan

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar