FTBM Gelar Kemah Literasi Jawa Barat 2019

  Selasa, 12 November 2019   Redaksi AyoBandung.Com
Banner Kemah Literasi Jawa Barat 2019. (istimewa)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) Jawa Barat akan menghelat acara “Kemah Literasi Jawa Barat 2019” di Bumi Perkemahan Kiarapayung, Jatinangor, Kabupaten Sumedang, pada Jumat-Minggu, (15-17/11/2019).

FTBM adalah ruang silaturahmi dan koordinasi antar pengelola Taman Bacaan Masyarakat (TBM) dalam kerangka berbagi informasi, pengetahuan, pengalaman, pemikiran, ihwal literasi. Dengan adanya FTBM, berbagai gerakan literasi yang ada di berbagai daerah bisa diketahui, diikuti, disinergikan di antara sesama anggota FTBM. Hal ini, berkaitan dengan spirit untuk mengasah dan meningkatkan kemampuan berkolaborasi, berpikir kritis, kreatif, dan komunikatif di antara sesama pengelola TBM.

Adapun “Kemah Literasi Jawa Barat 2019” adalah kegiatan jambore antarpengelola dan pegiat literasi berupa saling bertukar informasi, pengetahuan, pengalaman, dan pemikiran. Tujuan kegiatan ini antara lain menjalin tali silaturahmi antarpengelola dan pegiat TBM di Jawa Barat, serta lingkup nasional; menumbuhkan TBM-TBM baru atau gerakan literasi lainnya di Jawa Barat dan dalam lingkup nasional; dan mengampanyekan enam literasi dasar dan kecakapan yang dituntut oleh abad ke-21.

“Kemah Literasi Jawa Barat 2019” mengambil tema “Literasi untuk Semua”. Maksud tema tersebut adalah FTBM Jawa Barat berusaha untuk mengangkat berbagai segi dari literasi, seperti literasi bagi kalangan yang berkebutuhan khusus, kanak-kanak, dan masalah gender. 

Selama tiga hari penyelenggaraan acaranya, pada “Kemah Literasi Jawa Barat 2019” akan diisi dengan kegiatan yang dihadirkan untuk menambah pengetahuan para pegiat berupa pemberian informasi dari narasumber melalui kegiatan diskusi, bedah buku, pelatihan menulis, dan saling bagi informasi. Kegiatan lainnya yang akan mengisi acara ini antara lain pameran karya dan foto, pembacaan puisi, pentas seni, parade dongeng, bermain (games), dan api unggun.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar