Demi Penyidikan, Polisi Blokir Rekening Akumobil

  Minggu, 10 November 2019   Faqih Rohman Syafei
Kasat Reskrim Polrestabes Bandung AKBP M Rifai. (Faqih Rohman Syafei/Ayobandung.com)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM--Polisi masih terus melakukan penyidikan dugaan penipuan yang dilakukan Akimobil. Bahkan rekening milik Akumobil telah diblokir guna kepentingan penyidikan. 

"Ada, satu atas nama PT Aku Digital Mobil maupun atas nama tersangka (BR) yang kita sudah blokir dan kita sudah lihat korannya," ujar Kasat Reskrim Polrestabes Bandung, AKBP M. Rifai, Minggu (10/11/2019).

Rifai menyebutkan pihaknya tengah mendalami rekening koran milik Akumobil. Demi mengungkap aliran uang konsumen, pihaknya akan menggandeng Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK). 

AYO BACA : Jika Terbukti Akumobil Kantongi Izin, HLKI Minta Pemerintah Bertanggung Jawab

"Rekening tersebut ada (uang) tapi sedikit. Kita sudah telusuri aliran dana itu ke sana kita sudah dapatkan. Itu untuk membeli (kendaraan dan barang) dengan menggunakan dana nasabah," katanya. 

Dia menambahkan sejumlan aset berupa kendaraan roda empat, dan roda dua serta roda enam telah disita untuk kepentingan penyidikan. Sekarang, kendaraan milik tersangka telah diamankan di Mapolrestabes Bandung. 

"Kita suda melakukan penyitaan terhadap kendaraan yang menjadi aset atau kendaraan yang menggunakan dana dari konsumen. Berupa kendaraan roda empat dan dua. Roda empat ada tujuh unit sementara roda dua motor besar itu sebanyak empat unit," tuturnya. 

AYO BACA : Jadi Kuasa Hukum, Sunan Kalijaga Temani Konsumen Akumobil Lapor Polisi

Terkait pengembalian dana konsumen, Rifai menyebutkan tersangka BR mampu mengembalikannya. Namun menurutnya hal tersebut masih disangsasikan karena aset tersangka tidak sebanding dengan total kerugian konsumen.

"Sementara sanggup tapi dari mana dananya yang dia gunakan. Korban untuk mobil ada 1.342, sementara yang kita datakan motor ada 408 konsumen," katanya. 

Dia menambahkan tersangka dijerat dengan Pasal 378 dan 371 KUHP, dimungkinkan akan dinaikan menjadi ke Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

"Pasal 378 dan 371 akan kita gelar perkara dan kita mungkin naikkan ke TPPU. Ini kan ranah pidana ancaman hukumannya di atas lima tahun," ucapnya.

AYO BACA : 1.742 Konsumen Jadi Korban Akumobil, Total Kerugian Capai Rp100 Miliar

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar