Naturalisasi Fabiano Tinggal Selangkah Lagi, Ini Harapan Robert Alberts

  Minggu, 10 November 2019   Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Grafis Fabiano Beltrame. (Dok Ayobandung.com)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts ikut senang dengan perkembangan naturalisasi Fabiano Beltrame yang dikabarkan hampir selesai. Maklum, bek kelahiran Brasil itu kehilangan banyak waktu untuk membela Maung Bandung lantaran harus mengurus peralihan status menjadi Warga Negara Indonesia.

Beberapa waktu lalu, bek Persib Bandung itu sudah dipanggil ke Jakarta untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya. Praktis, kondisi ini diprediksi tinggal selangkah lagi untuk mengantarkan Fabiano menjadi seorang Warga Negara Indonesia.

AYO BACA : Fabiano Beltrame Jadi WNI Sebentar Lagi, Ini Komentar Ketua PSSI

Sebelumnya, Fabiano juga memprediksi, di akhir November ini proses naturalisasinya akan rampung. Fabiano juga mengaku, proses naturalisasinya tinggal menunggu pengembalian administrasi ke Sekretariat Negara (Setneg), menunggu tanda tangan Presiden, dan pengambilan sumpah sebagai warga negara Indonesia. 

"Kita senang mendapatkan kabar itu. Ini adalah waktu yang sangat lama. Tapi ini artinya, dia akhirnya siap dan dia sudah kehilangan satu musim karena tidak bisa main, dan tentu itu adalah hal yang sulit baginya," ungkap Robert usai memimpin sesi latihan di Stadion Si Jalak Harupat, Minggu (10/11/2019).

AYO BACA : Fabiano Beltrame Resmi Jadi WNI Akhir November

Selama proses naturalisasinya belum rampung, pemilik nomor punggung 15 itu memang terpaksa tidak ikut membela Maung Bandung dalam kompetisi Liga 1 2019. Bahkan hampir satu musim ini, nama Fabiano tidak dimasukkan ke dalam daftar pemain lantaran statusnya masih pemain asing. Alhasil selama ini ini, Fabiano hanya mengikuti sesi latihan rutin bersama rekan-rekannya di tim.

Namun kini dengan kabar positif ini, Robert menilai akan memberikan angin segar bagi Persib dan Fabiano. Namun pelatih asal Belanda itu tak menampik bakal ada perbedaan kondisi fisik Fabiano dengan pemain lain Persib Bandung. Sebab, atmosfer dan tekanan di latihan akan berbeda dengan pertandingan sesungguhnya.

Karenanya, pelatih 64 tahun itu berharap, di musim depan manajemen Persin bisa tetap mempertahankan Fabiano. Sebab, Robert menilai Fabiano bisa berkontribusi untuk tim dengan tampil kokoh mengawal lini belakang skuat Pangeran Biru.

"Apalagi main di laga akan sangat berbeda dari main saat latihan. Jadi saya harap semua bisa bermanfaat bagi Fabiano ke depan. Dan tentunya dia akan tetap di Persib karena musim depan siap untuk main," ujarnya.

AYO BACA : Jika Resmi Jadi WNI, Fabiano Ingin Boyong Keluarga ke Indonesia

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar