Kaum Pria di Bandung Barat Kian Minati Vasektomi

  Rabu, 06 November 2019   Tri Junari
Ilustrasi vasektomi. (istimewa)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM--Partisipasi pria dalam program Keluarga Berencana (KB) menunjukan angka yang cukup tinggi di Kabupaten Bandung Barat. Pilihan kontrasepsi Medis Operasi Pria (MOP) atau vasektomi menjadi paling diminati untuk mencegah kehamilan. 

Dari data yang dihimpun Ayobandung.com pada April 2018, jumlah KB pria mencapai 1,96 persen atau sebanyak 4.799 orang dari total peserta aktif 245.258 orang.

Wakil Ketua Paguyuban KB Pria KBB, Yossie Yusuf Fauzi mengatakan, hingga saat ini komunitas KB Pria sudah tersebar di 16 kecamatan.  Di kelompok KB Pria Sauyunan Desa Mukapayung tempatnya tinggal saja tiap tahun jumlahnya terus meningkat.

"Di kelompok KB Pria Sauyunan dulu cuma saya, sekarang sudah ada 200 orang yang memilih KB Pria," ujar Yossie saat menghadiri Harganas tingkat KBB di Ngamprah, Rabu (6/11/2019).

Yossie juga akseptor warga Kampung Ciririp Desa Mukapayung, Kecamatan Cililin yang telah memasang KB Pria MOP sejak tahun 2012.

AYO BACA : Satu Daerah Di Jabar Ini Ribuan Prianya Pilih Vasektomi

"2012 mulai dan ternyata memang menurut saya lebih terasa nyaman dan sehat ke badan, kalau menurut medis MOP itu mencegah transportasi sperma pada testis dan penis," katanya. 

Sejak KB Pria, menurut Yossie badannya terasa lebih sehat bahkan durasi saat berhubungan badan menjadi lebih lama. 

"Biasanya saya sakit pinggang atau sakit badan lainnya, tapi sejak itu terasa lebih sehat saja. Bahkan lebih kuat berhubungan badan," katanya.

Yossie yang kini berusia 43 tahun menilai, kebanyakan mereka yang menggunakan KB Pria justru berusia lebih tua darinya. Tetapi mereka merasakan lebih sehat saja,"jelasnya. 

Kelompok KB Pria Sauyunan tempatnya bernaung dikatakannya pernah berprestasi di tingkat provinsi maupun nasional, Ia bahkan menerima penghargaan langsung dari Presiden Jokowi dan ikut upacara di istana negara.

"Kelompok kami pernah menang di tingkat provinsi dan pusat," katanya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar