Kominfo Ingin RUU Perlindungan Data Pribadi Selesai 2020

  Selasa, 05 November 2019   Dadi Haryadi
Ilustrasi perlindungan data pribadi. (Shutterstock)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Kementerian Komunikasi dan Informatika menginginkan rancangan undang-undang perlindungan data pribadi (RUU PDP) dapat selesai pada 2020.

"Kita akan mendapat sinyal secara politik bahwa semangat yang ada di DPR Komisi I, kedua undang-undang itu penting dan kita punya semangat untuk menyelesaikan di tahun 2020," kata Menkominfo Johnny G Plate saat ditemui usai rapat kerja dengan Komisi I DPR, Selasa (5/11/2019).

AYO BACA : Facebook Dukung Perlindungan Data Pribadi

Johnny saat rapat berlangsung menegaskan undang-undang yang menjadi prioritas kementerian saat ini adalah revisi UU Penyiaran dan RUU Perlindungan Data Pribadi.

Komisi I DPR saat rapat menyatakan pembahasan draft RUU PDP akan dilakukan pada awal 2020.

AYO BACA : Ini Dampak Mengunggah Data KTP-el dan KK di Internet

Kominfo meminta partisipasi masyarakat untuk mengawal RUU PDP agar dapat selesai pada 2020 mendatang.

"Kenapa saya mengajak partisipasi masyarakat dari awal, agar itu tidak menjadi hambatan-hambatan sehingga potensinya bisa kita selesaikan di tahun 2020," kata Johnny.

Johnny saat rapat kerja dengan Komisi I DPR menyatakan akan memasukkan draft RUU Perlindungan Data Pribadi pada Desember tahun ini.

"Kita usahakan, at the very best. Yakin bisa, sudah siap, kok," kata Johnny.

Kominfo berkomitmen untuk mempercepat revisi UU Penyiaran dan RUU PDP agar dapat masuk menjadi Program Legislasi Nasional (Prolegnas) prioritas pada 2020 karena kedua aturan tersebut dibutuhkan masyarakat.

AYO BACA : Android Makin Aman, Verifikasi Akun bisa Lewat Tombol Fisik Ponsel

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar