Suka Jajan di Kaki Lima? Perhatikan Dulu 4 Aspek Kebersihan Ini

  Selasa, 05 November 2019
Ilustrasi. (shutterstock)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Kuliner street foods atau jajanan kaki lima di pinggir jalan ini kini semakin beragam dan menawarkan varian rasa serta inovasi produk yang menggugah selera. Maka tak heran bila bukan restoran saja yang ramai pengunjung, tetapi makanan pinggir jalan ini juga diminati pembeli online dan offline.

Akan tetapi, makanan pinggir jalan masih menjadi polemik yang cukup besar dalam tatanan kesehatan. Higenitas kuliner street foods masih sangat diragukan keamanan dari segi kebersihan dan kesehatannya. 

Kasudib Kesehatan Pangan dari Kementerian Kesehatan RI Tutut Indra Wahyuni SKM, M.Kes mengatakan, umumnya ada dua hal yang perlu diperhatikan dalam memilih makanan pinggir jalan.

Pertama unsur kesehatan dan keamanan. Dalam hal ini, keamanan ada kaitannya dengan higienitas guna mencegah timbulnya penyakit menular dan keracunan.

Ditemui Suara.com dalam acara pre-event Street Food Fest, yang diinisiasi oleh Food Sustainesia yang berkolaborasi dengan FAO, WFP serta lembaga PBB lainnya, Tutut Indra Wahyuni menyampaikan empat aspek yang perlu diperhatikan saat akan menikmati makanan pinggir jalan.

Pemilihan bahan makanan

Utamanya tentulah dari aspek produk itu sendiri. Pastikan makanan pinggir jalan dibuat menggunakan bahan-bahan untuk makanan. Misalnya aman dari penggunaan bahan kimia berbahaya, pengawet selain makanan, menggunakan minyak kemasan, tidak kadaluarsa, menggunakan air bersih, dan lain sebagainya.

Peralatan yang digunakan

Kemudian perhatikan peralatan yang digunakan sebagai penunjang, misalnya, alat makan dan alat masaknya bersih. Untuk talenan tidak berjamur, piring, sendok, garpu dicuci bersih dan kemasan pembungkus aman untuk membungkus makanan pinggir jalan ini.

Orang yang mengolah

Orang yang mengolah, penjual, atau tukang masak makanan pinggir jalan harus terjaga kebersihannya. Misalnya menggunakan masker, sarung tangan plastik, rambut rapi, kalau bisa diikat dan ditutup agar tidak ada rambut yang jatuh ke makanan. Ditambah rajin mencuci tangan sebelum mengolah makanan.

Sarana dan prasarana

Bagi pedagang makanan pinggir jalan seperti bakso, ketoprak, soto, serta makanan lain serta minuman apa saja yang menggunakan piring dan gelas yang dipakai berkali-kali, harus dipastikan menyediakan sarana dan prasarana mencuci alat makan dengan air bersih. Artinya terdia sabun untuk mencuci dan wadah penyimpanan yang layak.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan   Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar