Dijamin Baik, Jokowi Akan Tunjuk Langsung Dewan Pengawas KPK

  Jumat, 01 November 2019   Republika.co.id
Presiden Joko Widodo. Jokowi akan menunjuk langsung Dewan Pengawas KPK. (Antara)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Presiden Joko Widodo menyampaikan akan menunjuk langsung Dewan Pengawas KPK. Dia tidak akan membentuk panitia seleksi terdahulu untuk menyaring anggota dewan pengawas antirasuah tersebut.

"Untuk pertama kalinya tidak lewat pansel," ujar Jokowi saat berbincang dengan awak media di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (1/11/2019).

AYO BACA : Soal Dewas KPK, Fahri Hamzah: Setiap Kekuatan Harus Diawasi

Jokowi memastikan, orang-orang yang ditunjuknya nanti merupakan sosok yang memiliki kredibilitas baik. Presiden pun masih menerima masukan-masukan terkait sosok yang akan dipilihnya sebagai Dewan Pengawas KPK.

"Ya, saat ini untuk dewan pengawas KPK, kita masih dalam proses mendapatkan masukan-masukan untuk siapa yang nanti bisa duduk di dalam Dewan Pengawas KPK," ungkapnya.

AYO BACA : Demi Efisiensi, Lemkapi Minta Jokowi Segera Tunjuk Dewas KPK

Pelantikan anggota Dewan Pengawas KPK rencananya akan diselenggarakan bersamaan dengan pengambilan sumpah pimpinan komisioner KPK yang baru, yakni pada Desember 2019.

Berdasarkan UU Nomor 19 Tahun 2019 tentang KPK, di dalam Pasal 37E ayat 2 disebutkan bahwa dalam mengangkat ketua dan anggota Dewan Pengawas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Presiden RI membentuk panitia seleksi.

Namun, dalam Pasal 69A disebutkan ketua dan anggota Dewan Pengawas untuk pertama kalinya ditunjuk dan diangkat oleh Presiden RI.

"Hal ini sudah tercantum di peraturan peralihan yang ada. Di pasal 69A," ujar Jokowi.

AYO BACA : Pasal Mengenai Dewan Pengawas KPK Digugat ke MK

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar