7 Cara Menjaga Kesehatan Mental di Tempat Kerja

  Senin, 28 Oktober 2019
Ilustrasi menjaga kesehatan mental di tempat kerja. (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM –Seperti kesehatan fisik, kesehatan mental juga penting diperhatikan. Kesehatan mental akan memengaruhi suasana hati, kontrol emosi, hingga perilaku yang dalam kondisi parah akan merugikan dirinya sendiri serta orang lain.

Salah satu yang mendapat perhatian adalah kesehatan mental di tempat kerja. Tak dipungkiri, tekanan pekerjaan hingga lingkungan pekerjaan membuat orang rentan stres.

Jika tak ditangani dengan baik, hal ini tak hanya mengganggu kinerja, tetapi juga kondisi mental. Oleh karena itu, berikut beberapa cara untuk menjaga kesehatan mental di tempat kerja yang bisa Anda terapkan seperti dilansir dari mentalhealth.org.uk, Senin (28/10/2019).

1. Bicarakan apa yang Anda rasakan

Membicarakan perasaan yang Anda alami saat ini bisa membantu Anda menjaga kesehatan mental dan menghadapi masa sulit. Anda bisa berbicara dengan kolega atau manajer yang Anda percayai.

Namun, jika Anda merasa tidak bisa membicarakannya di tempat kerja, pastikan ada seseorang yang bisa Anda ajak diskusi, seperti teman, pasangan, atau keluarga.

2. Olahraga teratur

AYO BACA : Psikolog Ungkap 5 Cara Menjaga Hubungan Anda Tetap Bahagia

Olahraga teratur dapat membantu Anda berkonsentrasi, tidur berkualitas, dan merasa lebih baik. Bukan berarti Anda harus berolahraga di gym. Para ahli mengatakan, orang harus berolahraga setidaknya lima hari seminggu.

Jika Anda bekerja di kantor, Anda bisa berjalan-jalan atau melakukan peregangan saat waktu makan siang. Anda juga bisa melakukan olahraga sebelum dan setelah bekerja.

3. Makan dengan baik

Apa yang kita makan bisa memengaruhi perasaan kita dalam jangka panjang. Mungkin sulit untuk mempertahankan pola makan sehat di tempat kerja. Namun, Anda bisa makan biasa dan ditambah konsumsi banyak air.

Cobalah untuk menjauh dari pekerjaan sejenak saat Anda makan. Sebaliknya Anda bisa makan bersama temen-teman kantor, saling berbagai makanan, dan mencoba hal-hal baru.

Saat Anda sedang sibuk atau stres, cobalah mengurangi asupan kafein. Gantilah dengan buah atau camilan seperti kacang.

4. Jaga komunikasi

AYO BACA : Orang Tua Paksakan Minat, Anak Tak Bahagia

Hubungan merupakan kunci kesehatan mental. Bekerja dalam tim yang saling mendukung sangat penting untuk kesehatan mental di tempat kerja.

5. Jangan ragu meminta bantuan

Tidak ada manusia super. Kita kadang akan merasa lelah dan kewalahan oleh apa yang kita rasakan atau ketika hal-hal tak sesuai rencana. Jadi jangan ragu untuk meminta bantuan.

6. Beristirahat

Saat lelah atau stres, cobalah mengambil cuti sehingga Anda memiliki waktu untuk istirahat. Saat sedang cuti, Anda tak perlu memikirkan soal pekerjaan.

Selain itu, tidur penting untuk kesehatan mental. Dengarkan tubuh Anda. Tanpa tidur yang baik, kesehatan mental akan terganggu dan konsentrasi akan menurun.

7. Menerima diri apa adanya

Kita semua berbeda. Menerima bahwa Anda unik daripada berharap seperti orang lain lebih sehat untuk kesehatan mental.

Merasa senang dengan diri sendiri akan meningkatkan kepercayaan diri. Kenali dan terima hal-hal yang Anda kuasasi dan fokuslah pada apa yang bisa Anda lakukan dengan baik.

AYO BACA : Banyak Tidaknya Minum Air Menentukan Kebahagiaan?

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan   Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar