The Happiness Project II Sebarkan Pentingnya Kesehatan Mental

  Sabtu, 26 Oktober 2019   Nur Khansa Ranawati
Psikiater Rama Giovani memaparkan sejumlah fakta mengenai kesehatan mental dalam acara The Happiness Project II di Bandung Creative Hub, Sabtu (26/10/2019).

BATUNUNGGAL, AYOBANDUNG.COM---Yayasan Sehat Mental Indonesia kembali menyelenggarakan rangkaian acara dan sesi diskusi mengenai kesehatan mental bertajuk The Happiness Project II di Bandung Creative Hub, Sabtu (26/10/2019).

Dalam kesempatan tersebut, Psikiater Rama Giovani memaparkan sejumlah fakta mengenai kesehatan mental yang dinilai belum banyak diketahui masyarakat awam.

Tak hanya melalui sesi diskusi, pembahasan materi kesehatan mental juga dilakukan melalui pemutaran film dokumenter dan pameran foto. Selain itu, penampilan musik dari Zaky dan Amy 4 Peniti juga turut memeriahkan acara bertemakan "Create Your Own Happiness" tersebut.

Sejumlah hal yang dibahas dalam sesi diskusi kesehatan mental tersebut salah satunya adalah mengenai bentuk gangguan mental yang dikategorisasi ke dalam masalah biologis, psikologis, sosial ataupun spiritual. Permasalahan biologis, Rama mengatakan, dapat nampak terlihat melalui hasil scan otak yang menunjukan adanya gangguan pada otak.

"Sementara kalau psikologis itu permasalahannya adalah tentang coping strategies atau bagaimana seseorang menghadapi masalah," ungkapnya.

Dia menyebutkan, belum banyak orang yang mengalami masalah kesehatan mental yang mau memeriksakan dirinya baik ke psikolog ataupun psikiater. Untuk itu, The Happiness Project diharapkan dapat menjadi jembatan antara orang yang memerlukan bantuan profesional maupun orang yang tertarik terhadap kesehatan mental secara umum untuk lebih dapat memahami topik tersebut.

"Tujuannya tetap memberikan awareness (kesadaran) terhadap kesehatan mental dengan lebih masif dan 'bertubi-tubi', karena kalau cuma sekali diselenggarakan tidak akan terasa dampaknya," ungkapnya.

"Minimal yang tadinya tidak mau berobat, jadi mau berobat dulu. Untuk yang belum tahu dan paham masalah ini juga bisa menemukan support," tambahnya.

Rencananya, The Happiness Project akan terus digelar dengan format beragam dengan tetap menyuguhkan diskusi kesehatan mental.

"Rencananya ingin terus diadakan malah kalau bisa sampai The Happiness Project yang ke-1000,yang terpenting saya dan teman-teman ingin memberi pemahaman tentang kesehatan jiwa yang benar dan komprehensif," jelasnya. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar