Minat Jadi Kades di Bandung Barat Tinggi

  Rabu, 23 Oktober 2019   Tri Junari
Pilkades. (istimewa)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Animo warga untuk maju dalam perhelatan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 2019 di Kabupaten Bandung Barat (KBB) sangat tinggi. Hal itu terbukti dengan membludaknya warga yang mendaftar menjadi bakal calon (balon) kepala desa.

Kepala Bidang Penataan, Pengelolaan Keuangan, dan Aset Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), KBB, Rambey Solihin mengatakan, animo pendaftar balon kades sangat tinggi.  

Berdasarkan data yang masuk dan sudah dilakukan rekap, dari total 112 desa yang akan menggar Pilkades Serentak tercatat ada total sebanyak 553 pendaftar. 

"Jumlahnya cukup banyak dan satu desa bervariasi jumlah balonnya. Ada yang hanya dua orang seperti di Desa Cibenda, Kecamatan Cipongkor, tapi ada juga yang mencapai 16 pendaftar, yakni di Desa Padalarang, Kecamatan Padaarang," sebut Rambey saat ditemui di Ngamprah, Rabu (23/10/2019).

AYO BACA : Penakluk Ular Steve Ewon Nyalon Kades Kertawangi

Untuk desa yang balonnya hanya dua orang atau maksimal lima orang maka tidak ada persoalan dan bisa langsung masuk ke tahapan berikutnya. 

Namun bagi desa yang jumlah pendaftar balon kadesnya lebih dari lima maka harus menjalani seleksi tambahan, baik tes tertulis maupun lisan. 

Aturan menyebut maksimal balon kades adalah lima orang dan minimal dua, kalau hanya satu calon tidak bisa. 

"Nah yang balonnya harus mengikuti seleksi tambahan ada sebanyak 309 orang di 42 desa. Seleksi tertulis dan lisan dilakukan oleh perguruan tinggi yang ditunjuk serta pelaksanaannya satu hari di antara tanggal 29, 30, atau 31 Oktober 2019 untuk menjaring lima terbaik," ucapnya.

AYO BACA : Pilkades Serentak di KBB, Pemkab Alokasikan Anggaran Rp20 Miliar

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar