Ini Strategi Baru Pemkot Bandung Optimalkan Pasar Sarijadi

  Selasa, 22 Oktober 2019   Dadi Haryadi
Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana meninjau langsung ke Pasar Sarijadi, Selasa (22/10/2019). (Dok Humas Pemkot Bandung)

SARIJADI, AYOBANDUNG.COM -- Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana menilai Pasar Sarijadi memiliki potensi sangat besar sebagai pasar modern. Untuk itu, ia akan mencoba meningkatkan aktivitas Pasar Sarijadi.

Langkah pertama yakni memindahkan kantor PD. Pasar Bermartabat dari Pasar Sederhana ke Pasar Sarijadi. Hal ini untuk memancing minat dari para stakeholder PD. Pasar Bermartabat ketika berkunjung ke kantornya yang baru ini.

"Tahap pertama kita akan fungsikan sebagai kantor PD Pasar beralih dari Sederhana ke sini. Mudah-mudahan itu bisa menambah kunjungan pihak lain sehingga bisa menjadi triger," kata Yana saat meninjau langsung ke Pasar Sarijadi, Selasa (22/10/2019).

AYO BACA : Pembangunan Pasar Sarijadi Konyol

Ia berharap, dengan berkantor di Pasar Sarijadi, PD Pasar Bermartabat bisa menarik investor.

Selain itu, Yana juga akan menjadikan Pasar Sarijadi menjadi gudang persediaan komoditas bahan kebutuhan pokok masyarakat (kepokmas). Langkah ini sekaligus menjadi upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung dalam menjaga stabilitas ketersediaan kepokmas di pasaran.

"Kedua akan dijadikan sebagai pusat ketersediaan, 'buffer stock' beberapa komoditas. Supaya kita punya jumlah stok yang cukup, punya kualitas bisa kita jaga, kita juga bisa jaga harga," jelasnya.

AYO BACA : Emil: Pasar Sarijadi Terunik di Indonesia

Meski begitu, sambung dia, fungsi pasar di Pasar Sarijadi juga tetap berjalan seperti biasa.

"Mudah-mudahan ini bisa didukung oleh Bulog agar beberapa komoditas pangan seperti beras, telor, terigu, minyak. Kalau ini bisa berfungsi pusat grosir, kita akan jaga kualitas dan suplainya," dia menerangkan.

Langkah lainnya, Yana akan membuka kesempatan bagi masyarakat umum untuk berkegiatan di Pasar Sarijadi. Utamanya, kegiatan yang mengundang massa dengan jumlah cukup banyak.

"Bisa saja ada satu kegiatan yang mengundang orang datang ke sini. Misalkan ada gelar budaya dan kesenian di parkiran. Kemarin juga pernah dipakai buat yang nikahan. Saya pikir silahkan saja," katanya.

AYO BACA : Oded Ingin Revitalisasi Pasar Sarijadi, Cijerah Dipercepat

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar