Mendorong Produk Unggulan Daerah Melalui Promosi dan Kolaborasi

  Kamis, 03 Oktober 2019   Dadi Haryadi
Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat, Arifin Soedjayana memukul gong sebagai tanda pembukaan Bandung Tourism Craft and Investment Expo 2019 di BTC Fashion Mall, Kamis (3/10/2019). (istimewa)

CICENDO, AYOBANDUNG.COM--Banyak daerah punya beragam produk unggulan, namun masih kurang mendapat perhatian masyarakat. Hal ini akibat lemahnya promosi sehingga belum tersenuth buyers dan investor.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat, Arifin Soedjayana mengatakan pihaknya berupaya agar perekonomian Jawa Barat di era kepemimpinan Gubernur Jabar Ridwan Kamil bisa tumbuh lebih tinggi dan cepat melalui inovasi dan kolaborasi.

"Pak Gubernur dan Ibu Atalia yang merupakan pemimpin muda dan milenial ingin Jabar berubah dan lebih baik, sehingga ekonomi Jabar meningkat. Hal ini demi tercapainya Jabar Juara Lahir Batin melalui inovasi dan kolaborasi," ujarnya saat menyampaikan sambutan dalam acara Bandung Tourism Craft and Investment Expo 2019 di BTC Fashion Mall, Kamis (3/10/2019).

Menurutnya, sinergitas dengan daerah lain sangat penting karena menjadi salah satu kunci percepatan pertumbuhan ekonomi. Karena itu, Jabar akan selalu membuka diri kepada para tamunya.

Arifin mengaku hampir pekan mendapat kunjungan dari provinsi dan kabupaten/kota dari daerah lain seperti dari Sulawesi dan Sleman. Mereka ingin bertukar ilmu dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

AYO BACA : Dekranasda Jabar Gelar Jabar Ngagaya

"Kami berharap kedepan bisa lebih bersinergi. Hampir setiap minggu kedapatangan dari Dekranasda daerah lain yang berkunjung ke gerai kami di Dago atau ke Gedung Sate sebagai ikon Jabar dan Bandung. Kedepan diharapkan kita semua bisa lebih bersinergi," katanya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Bandung Tourism Craft and Investment Expo 2019, Nurhadi mengatakan pameran yang berlangsung 3-6 Oktober ini menampilkan dan mempromosikan produk fesyen, kerajinan dan informasi pariwisata dari berbagai daerah di Indonesia kepada masyarakat, buyers dan investor untuk meningkatkan volume dan nilai pemasaran produk.

"Tujuan pameran ini adalah untuk memperluas jaringan pemasaran produk unggulan daerah sehingga sehingga terjadi peningkatan perdagangan antar daerah di dalam negeri. Terdapat 20 stand yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia," kata dia.

Selain itu, pameran ini juga bertujuan untuk mendorong peningkatan mutu produk daerah sesuai permintaan pasar dan meningkatkan daya saing produk daerah dalam era perdagangan bebas.

"Pameran yang ke-6 kalinya ini bisa terlaksana sesuai yang diharapkan berkat dukungan dari banyak pihak," katanya.

AYO BACA : 4 Produk Unggulan Kota Bandung Tampil di Inacraft 2019

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar