Mudahkan Wajib Pajak, Gerai KPP Pratama Sumedang Hadir di MPP

  Senin, 16 September 2019   Dadi Haryadi
Gerai KPP Pratama Sumedang Hadir di Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Sumedang. (istimewa)

SUMEDANG, AYOBANDUNG.COM--Kanwil DJP Jawa Barat I bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang meresmikan Mal Pelayanan Publik Senin (16/9/2019) di Komplek Gedung Negara Kabupaten Sumedang. Mal ini menghadirkan 23 layanan dari instansi dan BUMN.

Mal Pelayanan Publik yang memiliki motto "profesional melayani" ini diresmikan Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Syafruddin serta disaksikan oleh Perwakilan Kanwil DJP Jawa Barat I Yusron Purbatin Hadi dan Kepala KPP Pratama Sumedang Roos I Yulinapatrianingsih dan tamu undangan.

Dalam sambutannya Bupati Sumedang mengatakan bahwa dasar hukum Peraturan Menteri PANRB Nomor Nomor 23 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik menjadikan pelayanan kepada masyarakat dalam satu tempat yang terintegrasi.

AYO BACA : Peringatan Hari Pajak, KPP Pratama Sumedang Berkunjung ke Panti Asuhan

Tujuan dibentuknya Mal Pelayanan Publik ini untuk memberikan kemudahan dan kecepatan. Selain itu mengajak para ASN untuk melayani masyarakat dengan baik, ringkas, mudah, dan cepat.

"Oleh karena itu kami mengumpulkan semua layanan publik agar efektif dan efisien. Tercatat 16.508 orang telah mendapat pelayanan di mal pelayanan publik," ujarnya.

Sementara MenPAN RB dalam sambutannya menyatakan Mal Pelayanan Publik merupakan fenomena global. "Semua ingin dikatakan negara maju dengan cara memberikan pelayanan kepada publik. Ini merupakan sejarah," katanya.

AYO BACA : Kemenpan RB: Mall Pelayanan Publik ke-17 Hadir di Kota Bogor

Kepala KPP Pratama Sumedang Roos I Yulinapatrianingsih berharap dengan diresmikannya Gerai KPP Pratama Sumedang di MPP dapat mempermudah dan memperdekat dengan Wajib Pajak, dan layanan kami bisa menjadi lebih baik dan cepat.

MPP Sumedang merupakan MPP ke-2 di Jawa Barat atau yang ke-17 di Indonesia. MPP Kabupaten Sumedang menghadirkan layanan publik sebanyak 23 Dinas/Instansi dengan jumlah layanan 361 jenis layanan perizinan dan non perizinan.

KPP Pratama Sumedang menjadi salah satu instansi pusat di daerah yang membuka layanan di MPP. Layanan yang diberikan meliputi informasi perpajakan umum, pendaftaran NPWP, aktivasi EFIN, dan pembuatan Id Billing.

Jam pelayanan dibuka setiap hari Senin - Jumat mulai pukul 08.00 sampai 15.00 WIB, dengan nomor antrian yang bisa didapatkan di Pusat Pelayanan Informasi dan Pengaduan. Jumlah masyarakat yang mendapat layanan di MPP 16.000 lebih, dari jumlah tersebut 1.134 dilayani Gerai KPP Sumedang sejak soft launching tanggal 26 Juli sampai 13 September 2019.

AYO BACA : Ini Langkah Pemkot Bandung untuk Bangun Mal Pelayanan Publik

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar