Warga Cipeusing Botram di Atas Jalan Beton

  Minggu, 15 September 2019   Tri Junari
Warga Kampung Cipeusing Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, menggelar doa dan makan bersama di atas jalan beton. (Tri Junari/Ayobandung.com)

CISARUA, AYOBANDUNG.COM--Penantian panjang warga untuk mewujudkan insfratruktur jalan desa yang layak di Kampung Cipeusing Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat terbayar setelah Jalan Baru Nyumput sepanjang 800 meter dengan lebar tiga meter akhirnya selesai di beton.

Sebagai bentuk rasa syukur dan suka cita ratusan warga kampung menggelar doa dan makan bersama di atas jalan tersebut, Minggu (15/9/2019)

Tokoh pemuda setempat, Wahyu Robana (34) mengatakan, jalan desa penghubung dusun 1,2,3 dan 4 itu merupakan urat nadi perekonomian warga.

AYO BACA : Tingkatkan Akses Jalan, Pemkab Bandung Barat Pinjam Uang Rp323 Miliar

Mayoritas warga setiap harinya menggunakan jalan ini untuk mengangkut hasil pertanian seperti saladah, jamur putih dan brokoli.

"Sebagai bentuk rasa syukur warga sudah ada jalan yang baik ini spontanitas kita gelar acara ini," ungkap Wahyu, Minggu (15/9/2019).

Dalam acara ini ratusan warga tumpah ruah turun ke jalan yang baru selesai di beton. Mereka juga berharap jalan tersebut menjadi pusat kegiatan warga.

AYO BACA : Pemkab Bandung Barat Serius Lakukan Pembenahan Infrastruktur Jalan

"Kita usulkan nanti di jalan ini ada kegiatan warga seperti Car Free Day," katanya.

Di tempat sama, Ketua LPMD Desa Kertawangi, Achmad Gojali menuturkan, pembangunan jalan beton berasal dari dana desa yang diajukan warga saat musyawarah desa. Sebelum di beton jalan ini berupa aspal namun mudah tergerus air hujan. 

"Dua kali di aspal tapi cepat rusak, akhirnya di beton agar usianya lebih panjang," ucapnya.

Ia berharap dengan terbangunnya jalan ini membangkitkan potensi ekonomi warga. Selain itu kebersamaan warga untuk saling gotong royong membangun desa semakin erat.

"Semoga dengan infrastruktur terbangun membawa dampak ekonomi bagi warga," tandasnya.

AYO BACA : Perbaikan Jalan Diyakini KBB Tingkatkan Pendapatan Asli Daerah

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar