Pegawai KPK Bentangkan Spanduk 'KPK Shut Down'

  Jumat, 13 September 2019   Hendy Dinata
Sebuah spanduk yang bertuliskan

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Sebuah spanduk yang bertuliskan "KPK Shut Down" dibentangkan di pelataran Gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (13/9/2019). Kalimat "KPK Shut Down" pada spanduk tersebut tampak dituliskan dengan menggunakan cat semprot berwarna hitam.

Berdasar pantauan di lokasi, spanduk tersebut dibentangkan oleh sejumlah pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Namun, saat coba dikonfirmasi, pegawai KPK tersebut belum dapat memberikan jawaban terkait tujuan dibentangkan dan maksud dari kalimat pada spanduk itu.

AYO BACA : Setelah Saut Situmorang, Penasihat KPK Tsani Annafari Ikut Mundur

"Iya mas, nanti ya. Nanti sama teman-teman yang lain," ucapnya. 

Sebelumnya, Komisi III DPR RI menyepakati Firli Bahuri menjadi Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2019-2023. Kesepakatan ini diambil setelah Komisi tersebut melakukan rapat antar-ketua kelompok fraksi di Komisi III DPR pada Jumat (13/9/2019) dini hari.

AYO BACA : Firli Jadi Ketua Baru KPK, Saut Situmorang Pilih Mundur

Sementara itu empat Wakil Ketua KPK adalah Nawawi Pamolango, Lili Pintouli Siregar, Nurul Ghufron, dan Alexander Marwata.

Dalam sistem pemungutan suara atau voting, kelimanya berhasil terpilih menjadi pimpinan KPK periode 2019-2023. Nawawi Pamolango mendapatkan 50 suara, Lili Pintouli Siregar mendapatkan 44 suara, Nurul Ghufron mendapatkan 51 suara, Alexander Marwata mendapatkan 53 suara, dan Firli Bahuri mendapatkan 56 suara.

Tak lama setelah itu, Wakil Ketua KPK Saut Situmorang dan Penasihat KPK Tsani Annafari menyatakan mundur sebagai pimpinan KPK.

"Saudara saudara yang terkasih dalam nama Tuhan yang mengasihi kita semua, izinkan saya bersama ini menyampaikan beberapa hal sehubungan dengan pengunduran diri saya sebagai Pimpinan KPK-terhitung mulai Senin 16 September 2019," kata Saut melalui surat elektronik yang dikirimkan ke seluruh pegawai KPK di Jakarta, Jumat (13/9/2019).

AYO BACA : Firli Bahuri Ditunjuk DPR Sebagai Ketua KPK 2019-2023

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar