Sesuai Wasiat, Habibie Dimakamkan Tepat di Sebelah Makam Ainun

  Kamis, 12 September 2019   Fira Nursyabani
Keluarga dan sejumlah Paspampres mengelilingi peti jenazah almarhum Presiden ke-3 RI, BJ Habibie yang disemayamkan di Rumah Duka, Patra Kuningan, Jakarta, Rabu (11/9/2019). (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Kementerian Sosial (Kemensos) menyiapkan makam Presiden ketiga Republik Indonesia BJ Habibie tepat di sebelah makam istrinya, Hasri Ainun Besari, di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata.

"Pak Habibie akan dimakamkan di Blok M, No 120, sedangkan Ibu Ainun di sebelahnya No 121," kata Plt Kepala Biro Humas Kemensos Sonny W Manalu dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis (12/9/2019).

AYO BACA : Presiden Jokowi Pimpin Upacara Pemakaman Habibie

Kemensos merupakan institusi yang mengelola Taman Makam Pahlawan Utama Kalibata. Sebagaimana seluruh makam para pahlawan lainnya, nantinya makam Habibie akan dilakukan perawatan terbaik bahkan keluarganya yang datang ziarah akan difasilitasi.

Habibie meninggal dunia pada Rabu (11/9/2019) pukul 18.05 WIB setelah menjalani perawatan sejak 1 September 2019 di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSAPD) Gatot Subroto Jakarta.

AYO BACA : Rumah Kelahiran Habibie di Parepare Akan Dijadikan Museum

Ia meninggal akibat alami kegagalan jantung. Sebagaimana diketahui pada 2018 Habibie telah menjalani perawatan dan operasi akibat kebocoran katup jantung.

Proses penggalian makam dilakukan sejak Rabu (11/9/2019) malam. Rencananya pemakaman akan dilakukan pada Kamis (12/9/2019) siang usai salat Zuhur.

Sebelumnya, saat Ainun Habibie meninggal pada 22 Mei 2010 di Munchen, Jerman dan dimakamkan di TMPU Kalibata, Habibie juga sudah berpesan jika meninggal agar dimakamkan di sebelah istrinya.

AYO BACA : Kenangan Habibie Tertinggal di Lantai 9 PT DI Bandung

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar