Jejak Kenangan BJ Habibie di Perfilman Indonesia

  Kamis, 12 September 2019   Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Mantan Presiden BJ Habibie bersama Ainun Habibie. (@habibieainunmovie/Instagram)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Masyarakat Tanah Air benar-benar berduka, mantan presiden ketiga RI, Bacharuddin Jusuf Habibie atau BJ Habibie menghembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta, Rabu (11/9/2019) pada pukul 18.05 WIB.

BJ Habibie meninggal di usianya yang ke-83 tahun. Diketahui, bapak bangsa berhati lembut itu telah menjalani perawatan intensif di rumah sakit sejak 1 September 2019.

Pria kelahiran Parepare, Sulawesi Selatan, 25 Juni 1936 itu meninggal akibat penyakit yang dideritanya. Selama masa perawatan, BJ Habibie ditangani tim dokter spesialis dengan berbagai bidang keahlian, seperti jantung, penyakit dalam, dan ginjal.

Semasa hidupnya, BJ Habibie dikenal sebagai seorang teknokrat yang melahirkan banyak karya besar. Dia pun menjadi salah satu insinyur terbaik yang dimiliki Bangsa Indonesia.

Bahkan Habibie telah menyumbangkan banyak ilmu dan penemuan untuk negara ini. Salah satunya adalah pesawat N250 Gatot Kaca yang merupakan pesawat pertama yang dihasilkan oleh anak Indonesia.

Namun di balik prestasi cemerlangnya sebagai insinyur dan mantan seorang presiden, pria yang akrab disapa Habibie ini juga terkenal dengan perjalanan hidupnya yang menginspirasi. Sebut saja kisah percintanya dengan sang istri, mendiang Hasri Ainun Besari yang sukses membuat masyarakat Indonesia terenyuh.

Bahkan kisah kehidupannya dijadikan buku dan diangkat ke layar lebar. Untuk mengenang rekam jejaknya, berikut film-film yang terinspirasi dari sosok Habibie.

Habibie & Ainun (2012)

Habibie & Ainun merupakan film pertama yang mengangkat kisah cinta mendiang BJ Habibie dan istrinya, Hasri Ainun Besari. Film Habibie & Ainun berkisah tentang hubungan asmara antara Rudy Habibie (Reza Rahadian) dan Ainun (Bunga Citra Lestari).

Dikisahkan mereka pernah satu sekolah semasa SMP, hingga kedua bertemu lagi di Bandung, saling jatuh cinta hingga menikah dan terbang ke Jerman.

AYO BACA : Habibie Wafat, Kota Bandung Berduka

Film ini juga menceritakan tentang perjalanan awal kehidupan Habibie saat menuntut ilmu di Jerman. Film ini menyuguhkan perjuangan kisah cinta Habibie dan Ainun sebagai pasangan muda yang tinggal di negara orang sampai akhirnya Habibie dipanggil pulang untuk menjadi Presiden Indonesia.

Puncaknya film ini juga menceritakan kesedihan Habibie atas kepergian Ainun yang disebabkan kanker ovarium stadiun lanjut.

Film Habibie & Ainun ini pertama kali tayang di bioskop-bioskop Indonesia pada Desember 2012 dan sukses meraih 4,5 juta penonton. Bahkan. Habibie & Ainun masuk dalam daftar film terlaris kelima sepanjang sejarah Indonesia.

Film ini juga melahirkan pasangan ikonis Reza Rahadian dan Bunga Citra Lestari. Sampai-sampai, film ini meraih 3 Piala Citra, di FFI tahun yang sama, yakni kategori Pemeran Utama Pria Terbaik, Skenario Terbaik, dan Tata Busana Terbaik.

Rudy Habibie (2016)

Empat tahun setelah perilisan Habibie & Ainun, prekuel berjudul Rudy Habibie beredar di bioskop dan menyedot perhatian 2 juta penonton. Film ini meraih sembilan nominasi Piala Citra di FFI 2016.

Rudy Habibie atau yang dikenal sebagai Habibie & Ainun 2 mengangkat cerita tentang kehidupan Habibie selama berkuliah di Jerman. 

Pada penggarapan film ini sutradara Hanung Bramantyo masih menampilkan Reza Rahadian. Dalam film ini pun diceritakan, Habibie sempat jatuh cinta dengan gadis asal Polandia sebelum akhirnya menikah dengan Ainun.

Dimuat juga cerita mengenai cinta segitiga yang sempat dialami oleh sang mantan presiden Indonesia tersebut.

Namun di balik kesuksesan Habibie & Ainun (2012) dan Rudy Babibie atau Habibie & Ainun 2 (2016) ada kisah begitu memilukan. Dinukil dari Wartakotalive.com, saat menuliskan kisah cintanya bersama Ainun, BJ Habibie tengah berupaya mengatasi masalah depresi yang dialaminya setelah pasangan hidupnya itu meninggal.

AYO BACA : Kenangan Habibie Tertinggal di Lantai 9 PT DI Bandung

"Anda tahu buku Habibie & Ainun saya tulis saat saya tidak tahu bahwa ibu Ainun terkena sakit kanker. Setelah ibu meninggal, saya sempat depresi," kata BJ Habibie.

Bahkan, seminggu setelah Ainun meninggal, BJ Habibie sempat berjalan tanpa sepatu, memakai baju tidur sambil terus menangis dan berteriak-teriak mencari mendiang istrinya tersebut seperti anak kecil. Alhasil, untuk menghilangkan depresi, BJ Habibie bersedia menceritakan segala masalah itu melalui tulisan (catatan) pribadi.

Ia pun bersyukur, kisah cinta Habibie & Ainun yang ditulisnya itu telah menginspirasi banyak orang hingga menjadi buku best seller dan ceritanya diangkat ke layar lebar.

Habibie & Ainun 3 (2019)

Habibie & Ainun 3 adalah sebuah film drama biopik Indonesia tahun 2019 sutradara Hanung Bramantyo dan produser Manoj Punjabi. Khusus untuk penulisan skenario film ini diketahui memakan waktu hingga dua tahun.

Film ini adalah film ketiga dari seri film Habibie & Ainun. Bila 'Rudy Habibie' merupakan prekuel dari kisah Habibie muda, maka 'Habibie & Ainun 3' ini adalah prekuel dari kisah masa muda dari mendiang Hasri Ainun Besari.

Film ini berlatarkan waktu ketika Ainun masih berusia 17 hingga 20 tahun saat menuntut ilmu studi kedokteran di Semarang dan kemudian bertemu dengan Habibie.

Film Habibie & Ainun 3 ini dijadwalkan tayang pada 19 Desember 2019. Aktris Maudy Ayunda pin didapuk untuk memerankan sosok Ainun muda, sedangkan aktor Jefri Nichol didapuk berperan sebagai BJ Habibie muda. 

Di film tersebut, Maudy Ayunda juga dipercaya untuk mengisi original sountrack karya dari Melly Goeslaw dan Anto Hoed. Maudy menyanyikan lagu 'Kamu dan Kenangan' yang mengisahkan kesedihan Habibie ditinggal oleh Ainun.

Namun, tak disangka jelang perilisan teaser poster kedua yang memang secara kebetulan direncanakan rilis pada Rabu (11/9/2019), tepat pada pukul 19.00 WIB, kabar duka datang. Pasalnya kurang dari satu jam waktu perilisan, BJ Habibie dikabarkan tutup usia.

Seperti yang diketahui, teaser poster pertama film ini sendiri menampilkan foto Maudy Ayunda yang berperan sebagai Ainun yang tengah menjahit. Pengumuman perilisan teaser poster film tersebut disampaikan melalui akun media sosial Instagram MD Pictures. 

"Nantikan Teaser Poster 2 #HabibieAinun3 HARI INI pukul 19.00 WIB! #KisahCinta #HabibieAinun #MDPictures," tulis akun Instagram @mdpictures_official beberapa saat sebelum BJ Habibie meninggal dunia.

AYO BACA : Sesuai Wasiat, Habibie Dimakamkan Tepat di Sebelah Makam Ainun

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar