4 Tempat Sarapan Lontong Kari Enak di Bandung

  Rabu, 11 September 2019   Nur Khansa Ranawati
Seporsi lontong kari di area Monumen Perjuangan di Jalan Dipatiukur Bandung. (Nur Khansa Ranawati/ayobandung.com)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Sebagaimana nasi kuning atau kupat tahu, lontong kari merupakan salah satu menu makanan yang lazim dicari warga Bandung untuk sarapan. Hangat dan gurih kuah kari beradu dengan potongan lontong yang lembut cocok dikonsumi untuk mengisi perut di pagi hari.

Bagi Anda penyuka lontong kari, Ayobandung.com merangkum 5 tempat sarapan lontong kari yang nikmat dan relatif terjangkau :

1. Lontong Kari Kebon Karet

Nama Lontong Kari Kebon Karet sudah tak asing lagi terdengar di telinga warga Bandung maupun warga luar kota. Berdiri sejak 1966, menu lontong kari tempat ini terbilang salah satu yang legendaris di Bandung.

Tempatnya terletak di bilangan Jalan Otista, Gang Kebon Karet. Salah satu hal yang membuat menu lontong kari ini spesial adalah kekentalan kuah karinya yang pas, gurih, dan rasanya khas. Tak heran, sang pemilik menggunakan 14 bumbu spesial yang hingga kini masih menjadi acuan dalam meracik kuah kari di setiap porsinya.

AYO BACA : 5 Olahan yang Cocok untuk Dijadikan Sarapan

Lontong yang digunakan disinyalir merupakan lontong spesial yang didatangkan dari Indramayu. Setiap potongan daging sapi yang disuguhkan pun merupakan daging tanpa lemak.

2. Lontong Kari Belakang Gedung Sate

Keberadaan lontong kari ini mungkin tidak se-terkenal salah satu ikon kuliner Bandung yang berada persis di sebelahnya, yakni Sate Jando Mbok Ayu. Ketika Ayobandung.com beberapa kali mencicipi sarapan lontong kari di tempat ini, antrean panjang selalu mengular menuju area sate.

Padahal, rasa yang ditawarkan lontong kari ini cukup menggoyang lidah. Bagi Anda yang kerap beraktivitas di sekitaran Gedung Sate di pagi hari, menu ini bisa menjadi pilihan.

Porsinya terbilang cukup besar dengan potongan daging sapi yang memadai. Tak lupa, penjualnya melengkapi satu porsi lontong kari seharga Rp15.000 ini dengan taburan kerupuk yang dipotong kecil. Kuahnya gurih dengan kekentalan yang pas. Sambal yang disediakan cukup pedas, sehingga pastikan Anda mencampurnya sesuai selera.

AYO BACA : 4 Tempat Sarapan Legendaris dan Murmer di Bandung

3. Lontong Kari Sebrang Kampus Unpad Dipatikur

Sebagaimana tempat sarapan lainnya, lontong kari ini beroperasi sejak pagi hari. Anda yang kerap berlalu-lalang dari area sekitaran Monumen Perjuangan, Halte Damri dan kampus Unpad Dipatiukur mungkin cukup familiiar dengan warung tenda lontong kari ini.

Posisinya berada persis di sebrang kampus Unpad Dipatiukur, di antara tempat pemberhentian bus Damri Leuwipanjang-Dipatiukur dan Jatinangor-Dipatiukur. Harganya berada di kisaran Rp12.000 hingga Rp15.000, tergantung kelengkapan 'lauk' yang Anda minta.

Kuahnya terbilang gurih dan menyegarkan meskipun tidak se-pekat Lontong Kari Kebon Karet. Warung lontong kari ini menyuguhkan potongan kikil sebagai 'lauk' nya. Anda juga dapat melengkapi seporsi lontong kari Anda dengan setangkup telur.

4. Lontong Kari dekat Masjid Al-Ukhuwah

Di samping Masjid Agung Al-Ukhuwah jalan Wastukencana Bandung, tepatnya di depan area pintu masuk kendaraan menuju basement, Anda akan menjumpai deretan pedagang aneka makanan dan minuman sejak pagi hari. Lontong kari adalah salah satunya.

Gerobak lontong kari ini biasanya 'diparkir' tak jauh dari area duduk pangkalan ojek online di kawasan tersebut.

Harga yang dibanderol adalah Rp12.000 per-porsi, dan Anda sudah dapat menikmati semangkuk hangat lontong kari lengkap dengan sepotong telur, kerupuk, taburan kacang dan potongan daging (sapi atau ayam). Kuahnya terbilang cukup gurih dan menyegarkan.

AYO BACA : 7 Menu Sarapan Murah untuk Turunkan Berat Badan

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar