Kebakaran Pabrik di Cibereum Akibat Korsleting Listrik Pengolahan Biogas

  Selasa, 13 Agustus 2019   Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Sebuah pabrik plastik di Jalan Babakan Cibeureum, Kelurahan Cempaka, Kecamatan Andir, Kota Bandung, Selasa (13/8/2019) terbakar sekitar pukul 19.08 WIB. (Istimewa)

ANDIR, AYOBANDUNG.COM -- Kepala dinas Damkar Kota Bandung Dadang Iriana menyampaikan, sumber api dalam kebakaran pabrik plastik di Jalan Babakan Cibeureum, RT 01 RW 01 Kelurahan Cempaka, Kecamatan Andir, Kota Bandung, Selasa (13/8/2019) malam disebabkan korsleting listrik dalam pengolahan Biogas.

"Kebakaran ini melalap bangunan, sebuah pabrik plastik, sterofom dengan luas 2.000 m2 berawal dari (korsleting) listrik," ungkap Dadang, Selasa (13/8/2019) malam.

Dadang tak menampik, personel yang diturunkan masih kesulitan memadamkan api lantaran banyaknya bahan kimia, plastik, hingga sterofom, yang memudahkan api merambat di dalam gedung. Namun untuk segera menjinakkan api, personelnya tengah berupaya untik mengunci berbagai titik api agar tak melebar ke perumahan penduduk.

AYO BACA : Petugas Masih Kesulitan Padamkan Kebakaran Pabrik Plastik di Cibeureum

"Kami coba untuk melakukan pemadaman dan seluruh anggota, juga kendaraan sudah diturunkan. Namun memang sulit, karena banyak bahan kimia tapi sedang dilakukan pemadaman secepatnya," lanjut Dadang.

Dadang juga menyebut sumber api telah ditemukan jajaran personel Diskar PB Kota Bandung. Adapun, menurut keterangan saksi sumber api berasal dari pengolahan Biogas dan pengolahan Plastik. Namun dengan kondisi penemuan titik api ini diperkirakan akan mempermudah personel untuk melakukan pemadaman.

"Titik api sudah ditemukan, kami mencoba agar api tidak melebar ke rumah masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, berdasarkan data yang dihimpun dari Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung, 1 unit Mobil Minibus dan 4 unit Truk Boks habis dilalap si Jago Merah. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut.

AYO BACA : Pabrik Plastik Dilalap Si Jago Merah di Babakan Cibeureum Bandung

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar