Waras Wasisto Diperiksa KPK, KPU Jabar: Tetap Dilantik

  Selasa, 13 Agustus 2019   Nur Khansa Ranawati
Ketua KPU Jabar, Rifqi Ali Mubarok. (Nur Khansa Ranawati/Ayobandung.com)

BATUNUNGGAL, AYOBANDUNG.COM--Nama anggota DPRD Jawa Barat fraksi PDIP, Waras Wasisto kembali terpilih sebagai calon anggota DPRD Jabar periode 2019-2024. Hal tersebut diumumkan pada rapat pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jabar, Selasa (13/8/2019).

Pada hari yang sama, Waras juga dijadwalkan menjalani pemeriksaan oleh KPK di Jakarta. Pemeriksaan tersebut terkait pemintaan keterangan Waras sebagai saksi untuk tersangka IWK dalam kasus dugaan suap proyek Meikarta.

Hari ini dijadwalkan pemeriksaan terhadap anggota DPRD Provinsi Jabar Waras Wasisto sebagai saksi untuk tersangka IWK terkait tindak pidana korupsi suap pengurusan perizinan proyek pembangunan Meikarta, ungkap Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Jakarta sebagaimana dilansir Antara.

Meski tengah menjalani pemeriksaan, Ketua KPU Jabar, Rifqi Ali Mubarok memastikan proses penetapan Waras menjadi anggota DPRD Jabar terpilih  periode 2019-2024 hingga proses pelantikan akan tetap dilangsungkan.

Pasalnya, dia mengatakan, kasus hukum tersebut hingga saat ini masih berproses dan belum menghasilkan putusan apapun.

AYO BACA : Ini Daftar Nama 120 Anggota DPRD Jabar Periode 2019-2024

Jadi semua berproses, kalau kemudian ada calon terpilih tersandung masalah hukum itu kan berposes dulu sampai ada keputusan di pengadilan, ungkap Rifqi ketika ditemui selepas rapat pleno.

Apabila proses hukum tersebut telah selesai dan memiliki ketetapan yang mengikat juga berdampak langsung pada calon tersebut, dia mengatakan, baru pihaknya dapat melakukan tidaklanjut. 

Kalau proses itu sudah selesai dan ada keputusan, baru nanti akan kita tindaklanjuti, terangnya.

Dirinya memastikan proses penyerahan berkas hingga pelantikan masing-masing calon terpilih, termasuk Waras, akan tetap berjalan sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

Kita hari ini hanya tetapkan kursi dan calon terpilih, setelah selesai kita serahkan berkas untuk penetapan dan pengesahan. Pelantikan tetap dilanjutkan karena sampai saat ini kami belum menerima kasusnya, pungkasnya. 

Adapun pelantikan anggota DPRD Jabar terpilih periode 2019-2024 akan dilangsungkan pada 2 September 2019 mendatang di Gedung Merdeka, Bandung.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar