Hendak Menuju Embarkasi, Calhaj Tasik Meninggal karena Serangan Jantung

  Jumat, 12 Juli 2019   Fira Nursyabani
Seorang calon haji Indit Nindit (73) semasa hidupnya yang harus mendapatkan penanganan medis saat akan berangkat ibadah haji di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Senin (8/7/2019). (Istimewa)

TASIKMALAYA, AYOBANDUNG.COM -- Kantor Wilayah Kementerian Agama Kota Tasikmalaya menyatakan, seorang calon haji bernama Indit Nindit (73) meninggal dunia karena serangan jantung. Ia wafat saat hendak diberangkatkan bersama rombongan haji lainnya menuju embarkasi Bekasi.

"Almarhum meninggal dunia pada Rabu (10/7/2019)," kata Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh, Kantor Kementerian Agama Kota Tasikmalaya, Asep Toni, Kamis (11/7/2019).

AYO BACA : Perjuangan 11 Tahun Buruh Kebun Asal Tasik Bisa Naik Haji

Ia menuturkan, Indit sebelumnya sudah siap akan berangkat bersama dengan rombongannya pada Kelompok Terbang (Kloter) 9 menuju embarkasi, Bekasi. Namun tiba-tiba lemas dan diduga mengalami serangan jantung sehingga harus dibawa ke rumah sakit, Senin (8/7/2019) pagi.

Sedangkan rombongan haji lainnya, kata dia, tetap diberangkatkan menggunakan bus menuju Bekasi. Almarhum rencananya akan menyusul dengan rombongan haji lainnya jika kondisinya sehat.

AYO BACA : Ucapan Calhaj 'Terima Kasih Pak Jokowi' di Pesawat Garuda Indonesia Jadi Kontroversi

Adanya calon haji yang meninggal dunia itu, kata dia, maka sesuai aturan jatah pemberangkatan hajinya akan diberikan kepada keluarganya atau ahli warisnya. "Yang meninggal bisa ke ahli waris," katanya.

Ia menyebutkan, sampai saat ini ada enam calon haji yang gagal berangkat karena sakit, kecelakaan, meninggal dunia dan melahirkan. Penyelenggara ibadah haji daerah, kata dia, sudah melakukan upaya bimbingan dan mengimbau jamaah untuk selalu menjaga kesehatan fisik terutama jamaah yang sudah lanjut usia.

"Kita juga sudah lakukan cek kesehatan dan senam kebugaran, agar stamina terjaga," katanya.

AYO BACA : Diduga Terkena Serangan Jantung, Calon Haji Asal Tasikmalaya Gagal Berangkat

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar