Pemkot Genjot Berbagai Program Unggulan Bagi Lansia di Bandung

  Jumat, 12 Juli 2019   Fira Nursyabani
Kepala Bidang Perlindungan dan Pemenuhan Hak Lansia pada Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) Kota Bandung, Irma Nuryani dan Kepala Seksi Rehabilitasi Sosial Anak dan Lansia pada Dinas Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan (Dinsosnangkis) Kota Bandung, Pipin Latifah membahas mengenai Hari Lanjut Usia Nasional 2019 dalam Bandung Menjawab yang digelar di Taman Sejarah Balai Kota Bandung, Kamis (11/7/2019). (Dok. Humas Setda Kota Bandung)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Memperingati Hari Lanjut Usia ke-23 (HLUN), Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung terus memasifkan kepedulian terhadap lansia. Berbagai upaya telah dilakukan baik itu terkait sarana maupun prasarana. 

Pemkot menggenjot sejumlah program unggulan bagi lansia, mulai dari peremajaan Taman Lansia sampai pemberdayaan lansia. Bahkan di Kota Bandung telah memiliki program Minggu Lansia sampai Sahabat Lansia. Para relawan terjun ke masyarakat berhubungan dengan lansia.

AYO BACA : Peduli Lansia, Dadang Naser Terima Penghargaan dari Kemensos RI

Menurut Kepala Bidang Perlindungan dan Pemenuhan Hak Lansia pada Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) Kota Bandung, Irma Nuryani, penanganan lansia memang harus berkolaborasi dengan pihak-pihak terkait. Seperti kesehatan, pangan, psikologi dan sebagainya. 

"Penanganan lansia ada di dinas terkait. Memang sebaiknya harus berbagi stakeholder membuat program lansia," jelas Irma, Kamis (11/7/2019).

AYO BACA : Ridwan Kamil Paparkan Program Khusus Lansia di Jawa Barat

Sementara itu, Kepala Seksi Rehabilitasi Sosial Anak dan Lansia pada Dinas Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan (Dinsosnangkis) Kota Bandung, Pipin Latifah menyampaikan jumlah lansia di Kota Bandung mencapai 246.388. Untuk kategori tidak mampu sekitar 40.583 yang perlu dibantu dan diberdayakan. 

"Meski pun keterbatasan anggaran, kita berupaya memberikan kenyamanan bagi lansia. Dengan berkolaborasi Seperi CSR," ujarnya. 

Di samping itu, untuk penanganan lansia Dinsosnangkis pun memiliki Puskesos (Pusat Kesehatan Sosial). Para lansia diberikan perhatian 24 jam dari mulai makan hingga kegiatan sehari-hari. 

AYO BACA : Olahraga Tingkatkan Daya Ingat pada Lansia

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar