16 Tokoh Jabar Raih Penghargaan Satyalancana dan Bakti Koperasi & UKM

  Kamis, 11 Juli 2019   Dadi Haryadi
Logo Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-72. (istimewa)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM--Puncak peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-72 digelar di Purwokerto, Jawa Tengah dengan tema ‘Reformasi Total Koperasi di Era Industri 4.0’ akan dihadiri Presiden RI Joko Widodo pada 12 Juli 2019. Sejumlah kegiatan akan digelar diantaranya Harkopnas Expo 2019 yang digelar 11-14 Juli 2019, Jambore Koperasi, saresehan koperasi, seminar. 

Selain itu, penyerahan penghargaan tanda jasa Bakti Koperasi dan UKM yang dilaksanakan Kamis (11/7/2019) oleh Menteri KUKM RI dan penyerahan penghargaan Tanda Jasa Satyalancana Pembangunan dan Satyalancana Wira Karya dan penyerahan penghargaan Koperasi Berprestasi 2019 pada Jumat (12/7/2019) oleh Presiden RI.

Ada 4 tokoh Jawa Barat yang mendapat penghargaan Tanda Kehormatan Satyalancana di antaranya Satyalancana Pembangunan yakni Bima Arya Sugiarto (Wali Kota Bogor), Satyalancana Wira Karya yakni Didi Turmudzi (Ketua Umum PB Paguyuban Pasundan), Iwan Setiawan (Ketua Pengawas KSP Sejahtera Bersama Kota Bogor), Andri Setiawan Hamami (Ketua Dekopinda Kota Sukabumi).

Penyerahan penghargaan tanda jasa Bakti Koperasi dan UKM diserahkan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI, AAGN Puspayoga di Java Haritage Hotel, Purwokerto. Sebanyak 12 tokoh koperasi Jawa Barat mendapat Bakti Koperasi dan UKM 2019.

AYO BACA : 200 Pendamping UMKM Juara Ikuti Bimtek

Di antaranya Ajay Muhammad Priatna (Wali Kota Cimahi), Priana Wirasaputra (Kadis KUMKM Kota Bandung), Imas Nurjamilah (Kabid Kelembagaan Dinas KUKM Kabupaten Garut), Sjamsuri Sulaeman Adiwidjaya (Penasehat Kopma UPI Kota Bandung), Tintin Rustiani (Ketua Forum PPKL Selindo), Tumbur Naibaho (Ketua KSP Makmur Mandiri Kota Bekasi), Sri Subekti (Ketua KSP Ikhtiar Sejahtera Kab. Bandung), Enceng Supriatna (Bendahara KPGS Kab. Garut), Khaerul Sobar (Ketua  Koperasi Paguyuban Pasundan), Purwadi (Bendahara Kopeg Kopertis IV Jabar & Banten), Yatti Surtiyati Arif (Ketua Kopwan Sejahtera Kota Bekasi), Asep Saddad (Ketua Kop Kontan Tragis Kab. Garut).

Sementara untuk Koperasi Berprestasi 2019 dari Jawa Barat ada 8 yang mendapatkan penghargaan yakni, Koperasi Nurul Iman Kab Sukabumi, KSP Padamukti Kab Garut, Koperasi Warga Desa Sangkan Hurip Sauyunan Kab. Bandung, Primer Koperasi Kepolisian Resor Garut, Kopwan Sejahtera Kota Bekasi, Kopma Bumi Siliwangi UPI Kota Bandung, KPRI Pemda Kab Bekasi, Primkoppolresta Bogor.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat, Kusmana Hartadji mengucapkan rasa syukur atas penghargaan yang diterima baik penghargaan Satyalancana, tanda bakti koperasi dan UKM maupun Koperasi Berprestasi 2019. Menurutnya, semua tokoh dan koperasi sangat layak mendapatkan penghargaan.

“Mereka itu tokoh-tokoh yang dapat memberikan inspirasi dan mempengaruhi kepada masyarakat untuk mengembangkan koperasi. Selain itu, mereka sangat berpengaruh dalam mendorong dan menciptakan iklim bisnis koperasi menjadi lebih berkembang sehingga koperasi mampu menjadi tulang punggung perekenomian di daerahnya. Selain itu, mereka juga memberikan pengaruh kepada yang lain untuk mengembangkan dan membangun citra positif tentang koperasi,” katanya.

AYO BACA : Dicari 2.500 Wirausahawan untuk Ikut UMKM Juara Jabar

Harapannya, pemberian penghargaan ini untuk memberikan motivasi kepada gerakan koperasi agar meningkatkan kinerja usahanya sehingga keberadaan koperasi mampu meningkatkan kesejahteraan anggotanya.

Terkait tema Harkopnas 2019 'Reformasi Total Koperasi di Era Industri 4.0', Kadis mengatakan, Jawa Barat sepenuhnya sangat mendukung upaya tersebut. Untuk itu, Pemprov Jawa Barat melalui Dinas KUK Provinsi Jawa Barat melaksanakan program digitalisasi koperasi dengan target 200 koperasi pada tahun 2019. Tujuan koperasi melek dan memanfaatkan IT dalam mengembangkan dan meningkatkan pelayanan kepada anggotanya. 

Harkopnas Expo 2019, Jawa Barat mengirimkan 4 koperasi yakni, Koperasi Sabilulungan III Kab. Tasikmalaya, Koperasi Sanggabuana Kab. Karawang, KPRI PDK 12 Juli Provinsi Jawa Barat, Koperasi Sukahuripkota Tasikmalaya dengan produk fashion, craft, aksesoris.

Harkopnas Expo merupakan etalase pencapaian gerakan koperasi nasional bersama Dekopin dan pemerintah, baik di pusat maupun di daerah, perusahaan swasta, BUMN dan BUMD di seluruh Indonesia. Harkopnas Expo juga menjadi wadah strategis untuk mempromosikan produk-produk unggulan beserta peluang bisnis dan investasi yang dimiliki koperasi dan UMKM di seluruh Indonesia.

Sedangkan Jambore Harkopnas 2019, bentuk kegiatan bernuansa milenial adalah Jambore Koperasi Harkopnas 2019 yang akan diselenggarakan pada 10 Juli hingga 12 Juli 2019 di Bumi Perkemahan Baturaden, Purwokerto. Jambore diikuti 400 peserta. Selama Jambore, para peserta akan mengikuti lima kegiatan utama, yaitu sarasehan koperasi, seminar dan Meet and Greet dengan tema “Koperasi Milenial, Kolaboratif dan Inovatif, lomba-lomba, kreatif inovatif, FGD Kebangkitan Koperasi dengan tema “Strategi Koperasi Merespons Revolusi Industri 4.0”, serta Api Unggun dan outbond.

AYO BACA : Sambut Harkopnas 2019, Aplikasi Connecting Koperasi Akan Diluncurkan

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar