"Nyekil" Makan Enak saat Isi Dompet Menipis

  Senin, 24 Juni 2019   Redaksi AyoBandung.Com
Ilustrasi.

Tau gak sih kalian kalau anak kost terkenal dengan kulineran akhir bulan yang pas-pasan. Ada juga yang membantah kalau kuliner anak kost di akhir bulan tidak seperti yang dibicarakan. Mereka masih bisa makan di tempat enak tanpa memikirkan biaya, karena mereka memiliki uang jajan lebih.

Pembicaraan mengenai kuliner yang sering dibincangkan oleh banyak orang bahwa pada akhir bulan, anak kost hanya bisa jajan mie instan, nasi telur ceplok, nasi sarden, bahkan promag. Mereka yang menghabiskan uang jajannya di awal bulan dan pada akhir bulannya hanya bisa meratapi nasib, ternyata masih ada yang seperti itu loh.

Saya bersama teman saya menguping perbincangan para mahasiswa di sebuah tempat makan, dan mereka membicarakan akan makan apa seminggu kedepan. “Nanti seminggu kedepan gue bingung nih gimana makan enak, gue ke kostan lu aja ya numpang makan hehe,” ujar salah satu mahasiswa yang sedang berbincang dengan teman-temannya.

Walaupun terlihat seperti kebingungan ingin makan apa, tapi mereka tetap menertawakan kesulitannya itu. Padahal mereka bisa saja mengatur keuangan mereka dari awal bulan sampai akhir bulan kalau mau, dan masih bisa makan enak di akhir bulan.

Saat saya mewawancarai teman saya di kostan, dia berbicara kalau anak kostan kebanyakan yang seperti itu karena mereka mengeluarkan uang untuk hal yang kurang perlu. Seperti kongkow bersama temannya atau membeli barang yang mereka inginkan tapi tidak perlu.

“Gue sih mending pagi-pagi kepasar beli lauk biar uang gue irit, karena gue punya kompor jadi bisa lebih irit lagi,” kata teman kostan yang tidak ingin disebut namanya. Ternyata banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengirit uang dan tetap bisa bergaul dengan teman sepermainan.

Saya juga sebagai mahasiswa yang kost juga, terkadang merasakan uang habis di akhir bulan. Memang sulit untuk mengatur pengeluaran yang baik, butuh keahlian mengatur uang dan menahan nafsu untuk membili sesuatu yang tidak perlu tapi kita inginkan.

Jadi tipsnya buat para anak kostan yang bingung akhir bulan harus bagaimana. Ubah lah pola pergaulan kalian bersama teman-teman kalian, dan cobalah menahan hawa nafsu untuk membeli sesuatu yang kurang perlu. Kalian bisa lebih irit deh dan bisa tetep jajan di warteg lah setidaknya pada akhir bulan. (Aulia Padlika Muslim)

Tulisan adalah kiriman netizen, isi tulisan di luar tanggung jawab redaksi.

Ayo Menulis klik di sini.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar