Stone Garden Kian Diminati Wisatawan

  Minggu, 09 Juni 2019   Adi Ginanjar Maulana
Objek wisata Stone Garden.(Irfan Alfaritsi)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM--Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyebut objek wisata Stone Garden di Kabupaten Bandung Barat kian diminati wisatawan.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jabar Dedi Taufik mengatakan pada libur Lebaran 2019 mulai 5-6 Juni kunjungan wisata ke Stone Garden mencapai 3.679 orang.

"Pada Sabtu 8 Juni kunjungan melonjak menjadi 2.526 dalam sehari," katanya, Minggu (9/6/2019).

Menurutnya, saat ini Stone Garden dikelola oleh kelompok sadar wisata atau podarwis setempat.

Stone Garden merupakan hamparan tanah berisi batuan yang tersusun tak beraturan dan dipadu dengan ladang rumput yang menyebar. Stone Garden sendiri merupakan tempat yang amat bersejarah, hal ini dapat diketahui dari fosil-fosil makhluk laut purbakala seperti koral menempel pada batu.

Stone Garden merupakan situs laut purbakala yang terbentuk hasil dari letusan gunung berapi dan gesekan lempeng bumiĀ  sekitar 30 juta tahun lalu. Pada akhirnya, selama proses pembentukan berjuta-juta tahun mengangkat permukaan Stone Garden ke daratan hingga 900 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Kawasan Stone Garden sekitar 30 juta tahun berupa lautan yang dikenal dengan laut purba. Dibuktikan di sini ada peninggalan-peninggalan sisa laut.

Objek wisata seluas 17 hektare (ha) ini ditemukan tim cekungan Bandung dari Institut Teknologi Bandung setelah adanya penelitian dan penemuan manusia Sunda Purba di Gua Pawon, tidak jauh dari Stone Garden.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar