Grup Musik Asal Bandung El Mighwar Idola Baru Musik Gambus

  Selasa, 28 Mei 2019   Redaksi AyoBandung.Com
Personel grup musik El Mighwar Gambus. (Dok. Istimewa)

PADANG, AYOBANDUNG.COM -- Grup musik akan melambung namanya jika berhasil mengkarakterkan personilnya, yang mampu menawan perhatian penikmat musik. Ai Khodijah, salah seorang vokalis di grup musik El Mighwar Gambus tengah menyita perhatian publik. Bisa saja eksistensinya akan jadi pemantik kesuksesan bagi grup musik yang tengah menaungi karir musiknya saat ini.

Kemerduan vokal Ai Khodijah kembali dapat kita nikmati pada lagu terbaru El Mighwar Gambus yang berjudul Ingat Allah. Lagu ini dirilis pada hari Jumat tanggal 3 Mei 2019 di channel YouTube InsictechMusicLand.

“Sebelumnya kita hanya membuat beberapa cover shalawat dan lagu-lagu religi. Untuk single perdana adalah lagu Ya Sayyidi, dan disusul beberapa single; Syair Shalawat, Senadi Hati, Rohatil, dan Ingat Allah,” kata Ai Khodijah saat kami wawancarai, Senin 27/5/2019.

Ai Khodijah mengatakan, Lagu "Ya Sayyidi" dirilis pada tanggal 22 Oktober 2018 di YouTube dan beberapa platform lainnya. Untuk single lainnya dirilis di Malaysia, penjualan fisik album dan rbt fokus di sana. Lagu "Ya Sayyidi" ditulis oleh Rizal Latief, yang juga memproduseri lagu ini, untuk aransemen dikerjakan oleh El Mighwar dan digarap di studio musik Masterplan milik Uki Noah di Bandung. Lagu ini menyampaikan tentang seseorang yang sedang mencari keridhaan Allah, dengan bersandar dengan cara memuji Baginda Rasulullah SAW, dan berharap mendapatkan syafaatnya.

Saat ini El Mighwar memiliki sebelas orang personel; Ai Khodijah (vokal), Saliem Jiddan (vokal), Ridwan (keyboard), Nendin (perkusi), Handy (darbuka, Anis (drum), Dhean (gitar), Helmy (gitar bass), Alfy (piano), Utte (dancer), dan Saliem (dancer). Grup musik gambus asal Cihampelas Kabupaten Bandung Barat Provinsi Jawa Barat ini memulai eksistensi bermusiknya sejak 28 Oktober 2012.

“El Mighwar bagi kami sendiri adalah media atau sarana untuk syiar atau berdakwah, karena kami bukan da'i atau penceramah, jadi kami memilih musik untuk media berdakwah kami. Kami menganggap di zaman ini musik adalah media yang bisa diterima oleh semua kalangan khususnya kanak-kanak,” kata Ai Khodijah, yang lagu cover ‘Ummi Tsumma Ummi’-nya hampir mencapai dua juta view di YouTube.

Seperti yang juga dikatakan oleh Ai Khodijah, bahwa El Mighwar berasal dari bahasa Arab yang artinya pemberani secara lughowi, (dalam bahasa Ibrani mengandung arti, dalam benar takut akan salah). Namun makna yang terkandung pada lafadz El Mighwar secara majazi ialah korsa (sifat korsa dimiliki oleh segenap militer, namun yang lebih pas untuk kita adalah lebih erat dalam kekeluargaan).

“Bagi saya, menekuni dunia musik gambus adalah sebagai ekspresi dari segala sesuatu yang ingin diungkapkan, terutama ide dan aspek emosional. El Mighwar memilih musik gambus karena menurut kami musik gambus yang paling memungkinkan untuk media syiar kami khususnya untuk muslim, dan lebih pantas untuk syair-syair shalawat,” kata Ai Khodijah sebelum menutup wawancara.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar