Jakarta Rusuh, Polrestabes Bandung Masih Terapkan Siaga 1

  Rabu, 22 Mei 2019   M. Naufal Hafizh
Kapolrestabes Bandung Kombes Irman Sugema. (Antara/Bagus Ahmad Rizaldi)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM—Menanggapi kerusuhan di Jakarta, Polrestabes Bandung menyatakan pihak kepolisian masih tetap memberlakukan siaga satu. Hal ini dilakukan guna mengantisipasi berbagai kemungkinan yang terjadi.

Kapolrestabes Bandung Kombes Irman Sugema mengatakan, saat ini aparat kepolisian sudah disiagakan di beberapa titik rawan aksi seperti KPU Provinsi Jawa Barat, KPU Kota Bandung, dan Kantor Bawaslu Jawa Barat.

AYO BACA : Jusuf Kalla Minta Prabowo-Sandi Ikut Tenangkan Massa Aksi 22 Mei

"Kami tentu melihat situasi dan kondisi, kami mengantisipasi berbagai kemungkinan, kepolisian tetap melakukan siaga satu," kata Irman di Kantor KPU Jawa Barat, Jalan Garut, Kota Bandung, Rabu (22/5/2019).

Dia mengatakan, pihaknya telah melakukan sejumlah operasi razia kepada transportasi yang bergerak ke Jakarta demi meminimalisasi oknum yang membawa senjata tajam dan barang berbahaya.

AYO BACA : Peserta Aksi 22 Mei Dilepas Rizal Ramli ke Bawaslu

"Bersamaan dengan itu, ada kegiatan 22 Mei di Jakarta, kita tetap antisipasi, seperti daerah lain ada bom molotov, sajam atau yang lain yang membahayakan," kata dia.

Namun, apabila ada masyarakat yang akan melakukan aksi di wilayah Bandung, pihak kepolisian akan mempersilakan selama itu masih sesuai dengan mekanisme hukum yang berlaku.

"Aksi kan menyampaikan pendapat di muka umum, sudah diatur dalam UUD sesuai mekanismenya," katanya.

Dengan demikian, dalam suasana Ramadan ini, dia mengimbau masyarakat tetap menjaga kekondusifan Kota Bandung. Dia harap masyarakat tidak melakukan kegiatan yang dapat mengakibatkan konflik sosial.

"Marilah kita dalam bulan suci Ramadhan ini saling menjaga toleransi, lebih khusyuk untuk ibadah, sehingga nanti saat lebaran bisa saling memaafkan," katanya.

AYO BACA : Komnas HAM Dalami Kemungkinan Pelanggaran pada Aksi 22 Mei

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar