8 Tips Membeli Mobil Baru Agar Nanti Tak Kecewa

  Kamis, 09 Mei 2019   M. Naufal Hafizh
Ilustrasi. (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM—Bagi Anda yang masih bingung memilih kendaraan baru, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan.

External Affairs & Communications Director, GM Indonesia, Yuniadi Haksono Hartono memiliki 8 Tips yang bisa Anda coba agar mobil yang Anda beli sesuai dengan kebutuhan.

1. Pilih jenis kendaraan yang tepat

Apakah mobil bertipe small car dirasa sesuai untuk mendukung kebutuhan Anda? Apakah Anda membutuhkan kendaraan bertipe SUV? Serta SUV berukuran manakah yang sesuai dengan jumlah anggota keluarga Anda?

2. Buat daftar checklist

Anda perlu mencatat hal-hal penting saat sesi test drive sehingga Anda dapat melakukan perbandingan head-to-head antara setiap kendaraan.

AYO BACA : 7 Tips Membeli Mobil Bekas untuk Pemula

Daftar checklist meliputi karakteristik kendaraan seperti akselerasi, kemudi, handling, pengereman, warna eksterior yang diinginkan, kenyamanan di dalam kabin (seperti kursi, akses keluar masuk, dan ruang kargo), jarak pandang, hingga teknologi dan fitur yang tersedia.

3. Diskusikan dengan sahabat

Penting untuk berdiskusi dengan keluarga atau sahabat terdekat mengenai kendaraan yang Anda pertimbangkan. Mereka juga mungkin mengenal seseorang yang memiliki kendaraan yang sama dan dapat memberikan masukan dari pengalamannya.

4. Apakah mobil yang Anda inginkan termasuk model yang sering dicuri?

Beberapa model terbilang cukup berisiko untuk dicuri, terutama model lama yang tidak memiliki sistem keamanan canggih. Pastikan bahwa mobil yang Anda pertimbangkan memiliki fitur keamanan yang lengkap.

5. Pahami kebutuhan perawatannya

AYO BACA : Ini Lima Mobil Termurah Seharga Rp30 Jutaan

Pahami interval perawatan kendaraan serta cari informasi mengenai biaya perawatan yang dianjurkan sesuai buku servis.

6. Pilih rute test drive

Jika sebagian besar perjalanan Anda berada di jalan raya, cobalah test drive di jalan raya. Jika Anda sering parkir di tempat yang sempit, Anda harus mencobanya juga. Jangan hanya mengikuti rute yang direkomendasikan oleh dealer, cobalah rute sesuai keseharian Anda.

7. Jangan membuat keputusan impulsif

Jangan membeli mobil pada hari yang sama saat Anda mengujinya. “Wangi mobil baru” dapat menggoda Anda untuk membuat keputusan impulsif, namun ada baiknya menunggu satu atau dua hari sebelum memutuskan.

8. Perbandingan harga

Bahkan jika Anda berpikir untuk mengambil keputusan tentang kendaraan, perhatikan apakah ada promosi-promosi khusus yang ditawarkan melalui kegiatan-kegiatan berskala besar.

Apabila Anda memiliki berbagai kebutuhan di saat yang bersamaan (seperti cicilan rumah atau liburan) dengan ketersediaan uang terbatas, opsi kredit dapat menjadi pilihan untuk memiliki kendaraan yang diinginkan, demikian dikutip dari Antara, Kamis (9/5/2019)

AYO BACA : Cara Mengenali Mobil Bekas Terendam Banjir

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar