Developer Qur'an Best Rela Jual Rumah Demi Bikin Aplikasi

  Rabu, 08 Mei 2019   Anya Dellanita
(Kiri) Tim Marketing Qur'an Best, Idham Fitriyadi saat ditemui usai peresmian Qur'an Best Indonesia diMasjid Al-Ukhuwah, Jalan Wastukencana, Rabu (8/5/2019). (ayobandung.com/Anya D)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM--Baru-baru ini PT Inovasi Berkah Teknologi meluncurkan sebuah aplikasi baru untuk mempermudah masyarakat dalam membaca Alquran. Nama aplikasi tersebut adalah Qur'an Best.

Qur'an Best memang salah satu aplikasi yang cukup praktis, karena memuat 7 fitur dalam 1 aplikasi. Di antaranya adalah tajwid Indonesia, tajwid Madinah, Alqur'an perkata bagi yang ingin mengetahui arti masing-maisng kata tanpa harus memotong ayat, serta Al-Qur'an perayat.

Di balik kepraktisannya itu, ternyata ada cerita mengharukan. Salah seorang developer aplikasi sampai menjual beberapa barang beharganya demi membuat Qur'an Best.

"Prosesnya tuh sebenarnya ada teman-teman yang sampai jual rumah, jual mobil. Dia developer tapi di satu sisi, dia berkata 'saya cari pahala ah mendevelop Qur'an ini. Alhamdulillah gak sia-sia," ujar tim marketing Qur'an Best, Idham Fitriyadi saat ditemui usai peresmian Qur'an Best Indonesia diMasjid Al-Ukhuwah, Jalan Wastukencana, Rabu (8/5/2019).

Untuk membuat aplikasi praktis ini, ternyata tidak diperlukan waktu yang terlalu lama. Idham mengatakan kalau aplikasi tersebut mulai dibuat pada akhir 2018, dan sebulan sebelum peresmian hari ini, aplikasi tersebut sudah siap pakai.

AYO BACA : Tadarus Alquran Jadi Pembuka Safari Senyum Ramadan di Bandung

Walaupun sudah siap pakai, Idham mengungkapkan pihaknya masih akan menyempurnakan Qur'an Best.

"Cuma kita masih akan perbaiki, terutama di bagian Alquran perayat, biar sistem pencariannya seperti gogle. Kalau google kan penulisan kata yang mirip sudah bisa dicari jadi lagi diproses," kata dia.

Penyempurnaan aplikasi juga akan dilakukan di fitur audio Alquran karena belum sampai 30 juz. Idham mengatakan, hal tersebut memang sulit karena membutuhkan proses.

"Jadi ini adalah program sosial yang kita kerja sama dengan Salman ITB dan ypu dan nantinya akan menyiapkan audio 30 juz. Karena membuat audio 30 juz itu tidak mudah," kata Idham.

Idham melanjutkan untuk menyiapkan audio tersebut, pihaknya akan mencari orang Bandung untuk terlibat.

AYO BACA : Tadarus Makin Mudah Lewat Ponsel Pintar

"Ini kan aplikasi asli Bandung, jadi harus orang Bandung juga yang terlibat," tambahnya

Untuk biaya, Quran Best diberikan secara cuma-cuma alias gratis. Tinggal mengunduh di play store android atau app store apple, aplikasi ini sudah bisa kita gunakan.

Namun, ke depannya tim developer akan membuat fitur tambahan beruoa Iqro digital, belajar bahasaArab, dan hafalan Qur'an. Nantinya, fitur ini akan berbayar.

"Jadi kalau Alquran dari Allah sudah gratis, tapi kalau metode pembelajatan bahasa arab, menghafal quran dan lain-lain akan kita kenakan biaya. Misalnya cukup  sekali bayar cuma Rp 50.000," ujar Idham.

Qur'an Best juga bekerja sama dengan beberap aplikasi lain. Seperti dengan aplikasi Kemenag, Buka Lapak lewat program Buka Qur'an dan Grab dengan program ayat-ayat harian.

Kini, mereja juga bekerja sama dengan ASN Pemkot Bandung. Salah satu bentuk kerja samanya adalah dengan membuat kuis berhadiah umroh bagi ASN paling rajin memggunakan aplikasi Qur'an Best.

"Jadi nanti ASN wajib download karena hadiahnya umroh, yang memutuskan siapa pemenangnya ya Pak Kesra atay Pak Wali. Jadi ketika kita baca, akan otomatis ke detect berapa halaman. Jadi algoritnmanya detect nama, yang menang yang paling banyak baca," tutur Idham.

AYO BACA : Tradisi Dlugdag, Sambut Ramadan dengan Tabuh Beduk

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar